Install Ceph Cluster di Ubuntu Server 18.04 (bagian2)

Oke, lanjut ya di tutorial ini kita akan melanjutkan tutorial setelah sebelumnya saya sudah install Server manager dan Server Monitor di node-00. Jika anda pertama kali langsung ke bagian ini, ada baiknya anda bisa membaca seri sebelumnya dari link di paling bawah pada tutorial ini. Pada bagian ini sekarang saya melakukan instalasi server OSD di node-00, node-01, dan node02. 

Untuk merefresh topologi yang saya gunakan, berikut ini list yang saya pakai di ceph cluster ini:
  • admin-00 : sebagai ceph cluster management 
  • node-00 : sebagai OSD, sebagai Monitor dan sebagai Manager Ceph Cluster 
  • node-01 : sebagai OSD 
  • node-02 : sebagai OSD

  • Melihat topologi di atas jadi sedikit tercerahkan? Untuk bagian storage yang akan digunakan sebagai server OSD di ketiga node tersebut, saya menyediakan kapasitas yang bervariasi. Berikut ini besaran kapasitas harddisk yang saya gunakan:

  • node-00 : 200GB
  • node-01 : 500GB
  • node-02 : 200GB

  • Untuk ketiga harddisk tersebut saya partisi menggunakan fdisk di masing-masing node melalui aplikasi fdisk, setelah selesai dipartisi, berikut ini hasilnya:

    dari keterangan gambar di atas, ketiga media penyimpanan yang akan digunakan berada di partisi /dev/sdb1, untuk mendaftarkan ketiga node tersebut sebagai server OSD dengan /dev/sdb1 yang akan dipakai, pada komputer admin-00 saya menjalankan perintah:
    perintah di atas digunakan untuk mendaftarkan partisi dev/sdb1 minil node-00 ke dalam ceph cluster, jika pendaftaran OSD di node-00 berhasil dilakukan, saya kemudian menjalankan perintah:
    perintah di atas untuk menambahkan OSD dari komputer node-01, jika proses berhasil, maka untuk menambahkan OSD di  komputer node-02 saya kembali menjalankan perintah:
    Setelah selesai menambahkan ketiga OSD tersebut, untuk mengecek apakah instalasi ceph sudah benar, saya coba menjalankan perintah di bawah ini untuk melihat status ceph cluster:
    berikut ini hasilnya:
    Dari keterangan diatas, dapat dilihat bahwa ceph cluster berhasil terinstall dan berjalan dengan benar karena dilihat di bagian health berisi HEALTH_OK. Jika anda juga mendapati pesan seperti di atas, maka selamat, anda sudah berhasil menginstall atau membangun ceph cluster dengan 3 komputer.

    Berikut ini seri tutorial ceph yang saya tulis di blog ini:


    Install Ceph Cluster di Ubuntu Server 18.04 (bagian2) Install Ceph Cluster di Ubuntu Server 18.04 (bagian2) Reviewed by Himawan Mahardianto on September 30, 2020 Rating: 5

    No comments:

    Powered by Blogger.