Cara melihat struktur tabel database MySQL di terminal Ubuntu



Pada tutorial kali ini, saya ingin menuliskan bagaimana melihat struktur tabel database mysql yang pernah di buat. Tutorial ini adalah sambungan dari tutorial sebelumnya yang membahas tentang cara membuat tabel database di MySQL. Langsung saja, anda bisa masuk ke dalam server MySQL dengan perintah:

sudo mysql -u root -p

kemudian setelah berhasil masuk dalam shell MySQL, anda bisa memilih database belajar yang akan digunakan, dengan menjalankan perintah:

use belajar;

lalu lihat tabel database apa saja yang ada di dalam database belajar dengan perintah:

SHOW TABLES;

kemudian hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini:


disitu terlihat bahwa ada tabel users yang telah dibuat di tutorial sebelumnya, untuk melihat struktur tabelnya maka anda bisa menjalankan eprintah:


DESCRIBE users;

sehingga hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini:
 

dari gambar tersebut dapat anda lihat bahwa tabel users memiliki tiga kolom yang berisi kolom ID, kolom user, dan kolom nama yang nanti dapat diisi data. Kolom ID memiliki atribut sebagai primary key, sehingga diharapkan data yang masuk di kolom ID tidak boleh ada yang sama di setiap barisnya.

Mudah bukan, silakan mencoba :-)

Baca Juga:
Cara melihat struktur tabel database MySQL di terminal Ubuntu Cara melihat struktur tabel database MySQL di terminal Ubuntu Reviewed by Himawan Mahardianto on November 17, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.