Mengaktifkan Ceph Dashboard di Ceph Cluster Nautilus pada Ubuntu Server 18.04

Tahukah kamu, untuk melihat status ceph cluster, kita sudah disediakan aplikasi yang sangat user friendly dibandingkan menggunakan perintah ceph di terminal. Aplikasi ini disebut dengan ceph dashboard. Ceph dashboard adalah salah satu modul yang disediakan ceph cluster untuk mempermudah penggunanya untuk melakukan monitoring terhadap ceph cluster mereka.  Ceph Dashboard ini bekerja dengan memanfaatkan layanan Manager Daemon yang ada di ceph cluster. 

Oh iya, tutorial ini adalah lanjutan dari postingan seri ceph sebelumnya yang pernah saya tulis di blog ini. Untuk melihat apa saja postingan tentang ceph bisa dilihat di paling bawah dari tulisan ini. Pada seri ceph cluster sebelumnya saya mengaktifkan Ceph manager Daemon di komputer node-00, maka ceph dashboard ini hanya bisa diinstall dan diaktifkan di komputer node-00.

Anggap saja saya sudah masuk ke node-00 melalui ssh, lalu saya cukup menjalankan perintah:

user@node-00:~$ sudo apt-get install ceph-mgr-dashboard

Selesai instalasi ceph manager dashboard, saya perlu mengaktifkan modul ceph dashboard tersebut  pada ceph cluster dengan menjalankan perintah:

user@node-00:~$ sudo ceph mgr module enable dashboard

setelah itu saya buat user dengan nama admin dan password 123456789 untuk masuk ke dalam ceph dashboard. Cara membuat user dan password tersebut, saya cukup menjalankan perintah:

user@node-00:~$ sudo ceph dashboard ac-user-create admin 123456789 administrator

jika berhasil, maka akan terlihat keluaran seperti ini:

{"username": "admin", "lastUpdate": 1602239431, "name": null, "roles": ["administrator"], "password": "$2b$12$WgBAirb7WY4li4A5Xbv7TuXWn8ZlNZso69XTyWexVX4sxTW.UFVV2", "email": null}

dan langkah terakhir adalah saya membuat sertifikat ssl untuk protokol komunikasi ceph dashboard terhadap pengguna, karena ceph dashboard ini bisa diakses via browser, jadi membutuhkan proteksi enkripsi untuk aksesnya. Cara membuat sertifikat ssl di ceph dashboard tersebut cukup menjalankan perintah:

user@node-00:~$ sudo ceph dashboard create-self-signed-cert

oke, dengan begitu ceph dashboard sudah siap digunakan, untuk melihat ada di port berapa layanan ceph dashboard aktif, saya menjalankan perintah:


user@node-00:~$ sudo ceph mgr services

dari perintah di atas menghasilkan keluaran seperti ini:


{

    "dashboard": "http://192.168.0.10:9000/"

}

dari situ menunjukkan bahwa modul ceph dsahboard telah aktif di alamat 192.168.0.10, jadi saya bisa akses ceph dashboard dari port 9000 di alamat IP 192.168.0.10, ketika saya coba mengaksesnya dari browser (firefox), berikut ini tampilan halaman login-nya:


kemudian ketika saya login dengan user admin tersebut, berikut ini hasilnya:

bagaimana, menarik bukan menggunakan ceph dashboard? Pengelolaan ceph cluster menjadi semakin mudah dengan aplikasi ceph dashboard ini, selamat mencoba ya. Jika anda ingin mencoba membangun ceph cluster sendiri, anda bisa melihat postingan seri ceph di bawah ini:

  • Apa itu Ceph Storage
  • Apa itu Media Penyimpanan Ceph Cluster
  • Persiapan membangun Ceph Cluster (bagian 1)
  • Persiapan membangun Ceph Cluster (bagian 2)
  • Tutorial Install Ceph Cluster di Ubuntu Server (bagian 1)
  • Tutorial Install Ceph Cluster di Ubuntu Server (bagian 2)
  • Konfigurasi layanan Ceph File System pada  Ceph Cluster di Ubuntu Server
  • Tutorial mengakses ceph file system dari Ubuntu Server
  • Cara mengaktifkan ceph dashboard pada ceph cluster Nautilus di Ubuntu server 18.04
  • Mengaktifkan Ceph Dashboard di Ceph Cluster Nautilus pada Ubuntu Server 18.04 Mengaktifkan Ceph Dashboard di Ceph Cluster Nautilus pada Ubuntu Server 18.04 Reviewed by Himawan Mahardianto on October 09, 2020 Rating: 5

    No comments:

    Powered by Blogger.