Cara mengaktifkan SNMP pada mikrotik


Masih berkutat di tutorial-tutorial monitoring. Jika di tutorial sebelumnya saya pernah menulis panduan untuk mengaktifkan SNMP client di Ubuntu Server kali ini saya akan menuliskan panduan untuk mengatifkan SNMP client pada devices mikrotik. Oh iya, berikut tutorial monitoring sebelumnya yang pernah saya tulis:
  1. Cara install cacti aplikasi monitoring di Ubuntu Server
  2. Cara konfigurasi SNMP di Ubuntu Server sebagai cacti client
  3. Cara menambah monitoring host di cacti
  4. Tutorial monitoring media penyimpanan, penggunaan memory dan user login lewat cacti
Tutorial yang saya tulis ini, merupakan kelanjutan dari tulisan di atas. Tujuan saya menulis ini hanya untuk menunjukkan bahwa aplikasi cacti juga bisa digunakan untuk memonitoring devices semacam mikrotik. Tapi sebelum hal tersebut dilakukan, maka setidaknya saya harus mengaktifkan layanan SNMP yang ada di dalam mikrotik.

Pertama-tama tentu saja anda harus login ke dalam mikrotik enggunakan winbox, oh iya, mikrotik yang saya gunakan adalah jenis CRS-125-24G-1S-RM dan memiliki IP Address 192.168.1.106/24.

Setelah berhasil login anda bisa pilih menu disamping kiri yaitu IP->SNMP, seperti gambar di bawah ini:


Setelah itu akan muncul menu berikutnya seperti berikut:


Klik menu Communities yang ada di samping kanan, kemudian akan muncul windows seperti berikut:


kemudian akan terlihat list communities apa saja yang telah ada, secara default ada communities public, tapi saya lebih memilih untuk membuat communities baru. Untuk itu saya akan menekan tombol Add (+) berwarna biru di pojok kiri atas tersebut, kemudian saya isi konfigurasinya seperti yang tampak pada gambar di bawah:


Saya membuat konfigurasi community baru dengan nama switch, lalu addressnya adalah 192.168.1.0/24 karena lokasi switch mikrotik saya berada di alamat jaringan itu, dan hak aksesnya hanya bisa membaca saja. Setelah itu klik OK untuk menyimpan perubahan dan anda akan diarahkan kembali ke tampilan windows sebelumnya seperti gambar di bawah ini:


Jika anda mendapati penampakan seperti tampilan di atas, berarti anda berhasil menambahkan communities dengan nama switch ke dalam mikrotik.

Langkah berikutnya adalah mengaktifkan SNMP dengan community switch yang sudah saya buat tersebut melalui menu IP->SNMP, lalu pada windows SNMP setting saya buat konfigurasinya seperti yang nampak pada gambar di bawah ini:


Setelah itu klik OK untuk menyimpannya dan tutorial konfigurasi SNMP di mikrotik router telah selesai, mudah bukan? Nantikan juga di tulisan selanjutnya saya akan mencoba membuat panduan konfigurasi cacti untuk menambahkan monitoring mikrotik di dalamnya. Selamat mencoba dan semoga membantu.

Cara mengaktifkan SNMP pada mikrotik Cara mengaktifkan SNMP pada mikrotik Reviewed by Himawan Mahardianto on November 24, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.