Tutorial install Google Drive Client di Ubuntu Desktop

Jika anda sering menggunakan produk-produk Google, mungkin juga anda tahu salah satu produknya yang menyediakan layanan cloud storage. Yup benar, Google drive merupakan produk Google yang menyediakan layanan cloud storage atau media penyimpanan berbasis awan layanan ini mirip dengan layanan yang dimiliki DropBox tetapi memiliki berberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satu kelebihan yang dimiliki Google Drive dibanding DropBox ialah, Google Drive memberikan space/kapasitas gratis yang jauh lebih besar di banding layanan DropBox yang hanya 2GB. Seberapa besar sih? Kalau untuk sebuah layanan gratis, ukuran kapasitas yang diberikan sekitar 15GB, hampir 8 kali lebih besar daripada milik DropBox, menurut saya sudah cukup besar. Nha pada tutorial ini, saya ingin menuliskan bagaimana cara menginstall aplikasi Google Drive client di Ubuntu desktop 14.04

Setelah terinstall, Google Drive client ini akan membuat sebuah folder yang secara otomatis tersinkronasi ke aplikasi Google Cloud di internet mirip dengan DropBox. Ketika anda menaruh sesuatu ke dalam folder tersebut, secara otomatis juga akan terupload ke dalam Google Drive di internet, begitu juga ketika anda menghapus sesuatu di dalam folder tersebut, setelah sinkronisasi terjadi, maka file yang anda hapus di dalam cloud storage Google Drive juga akan terhapus. Berikut langkah-langkahnya:

Pertama-tama anda harus menambahkan repository baru ke dalam source list di Ubuntu Desktop anda, buka terminal lalu jalankan perintah:

 sudo add-apt-repository ppa:thefanclub/grive-tools

Setelah itu, kita harus mengupdate repository kita dengan menjalankan perintah:

 sudo apt-get update

Setelah selesai update repository, jalankan perintah:

 sudo apt-get install grive-tools

Aplikasi ini adalah aplikasi pihak ketiga (Third Party), karena aplikasi Google Drive klien sendiri belum menyediakan yang versi Linux dari pihak Google.

Langkah berikutnya, silakan buka aplikasi grive tools tersebut lewat unity dash di pojok kiri atas seperti pada gambar di bawah, dengan cara mengetikkan grive setup:



Silakan klik ikon tersebut dan akan keluar wizard instalasi seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Klik next, lalu akan muncul form otentikasi public key untuk akun Google anda seperti pada gambar di bawah:

Pada step tersebut, browser anda juga akan terbuka secara otomatis dan meminta anda untuk mengakses akun Google, karena saat itu saya juga sedang mengecek email Google, maka secara otomatis saya melewati proses otentikasi untuk memasukkan password dan username, sehingga langsung masuk ke langkah notifikasi seperti pada gambar di bawah:


Silakan klik accept, kemudian akan muncul public key seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Silakan kopi, kemudian isikan pada form otentikasi seperti pada gambar di bawah:

Kemudian klik next, dan proses instalasi telah selesai dengan ditunjukkannya konfirmasi seperti pada gambar di bawah:


Setelah itu akan muncul notifikasi sinkronisasi awal seperti pada gambar di bawah:



Tampilan tersebut menunjukkan bahwa komputer anda akan melakukan sinkronisasi Google drive di internet, komputer akan membuat sebuah folder baru di dalam folder home anda lalu akan mendownload seluruh file yang ada di internet tersebut agar dapat diakses langsung dari komputer anda, seperti pada gambar di bawah:



Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan icon notifikasi Google Drive di atas unity bar anda, yang memudahkan anda untuk melakukan pengaturan aplikasi Google Drive dari komputer anda. Caranya yaitu, silakan klik logo ubuntu di unity dash anda yang berada di pojok kiri atas, lalu ketik Google Drive Indicator, seperti pada gambar di bawah:


Setelah itu akan muncul ikon notifikasi seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Icon tersebut berada di ujung kiri setelah icon dropbox seperti yang terlihat pada gambar di bawah:


Mudah bukan? Silakan mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

Beberapa artikel terkait:
Tutorial install Google Drive Client di Ubuntu Desktop Tutorial install Google Drive Client di Ubuntu Desktop Reviewed by Himawan Mahardianto on July 04, 2014 Rating: 5

1 comment:

Razee said...

mantap gan

Powered by Blogger.