Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Saturday, April 26, 2014

Install DropBox di Ubuntu Desktop 14.04 LTS

Bagi anda pengguna dropbox di web, apakah anda tahu bahwa dropbox juga menyediakan aplikasi yang dapat diinstall di Ubuntu Desktop dan berfungsi sama seperti ketika diinstall di Microsoft Windows, smartphone Android, iPhone dan web. Dropbox ini adalah layanan storage on cloud mirip seperti Google Drive, tapi memiliki kelebihan yang tidak dimiliki Google Drive karena kita dapat membuat folder dropbox di dalam system selayaknya folder biasa. 
Setelah aplikasi dropbox diinstall maka akan tercipta folder dropbox di dalam sistem, disitu anda dapat menaruh folder atau file di dalamnya dan apabila terkoneksi dengan internet, maka secara otomatis akan tersinkronisasi dan terupload di dalam server dropbox. 
Setelah terupload, anda tetap dapat mengakses seluruh file dan folder yang ada di dalam server dropbox melalui berbagai media seperti web atau smartphone. 
Begitu juga ketika anda menaruh file di dropbox di server via web atau smartphone anda, maka ketika sistem anda terkoneksi dengan internet, folder dropbox di Ubuntu anda akan tersinkronisasi dan mendownload file atau folder yang telah terupload di web dropbox agar isi folder dropbox yang ada di Ubuntu anda sama dengan isi folder dropbox yang di web atau smartphone anda. 

Bagaimana? Anda tertarik menggunakan dropbox di Ubuntu? Begini langkah-langkah menginstall dan konfigurasi dropbox di Ubuntu:

Pertama anda harus mendownload aplikasi dropbox resmi di webnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah:

Pilih paket aplikasi dropbox yang 64 bit atau 32 bit sesuai dengan sistem anda.

Kemudian dari aplikasi installer dropbox yang telah di download, anda bisa menjalankan perintah:

 sudo dpkg -i [nama_aplikasi_dropbox].deb

Untuk melakukan instalasi dropbox seperti pada gambar di bawah:



Setelah terinstall silakan buka aplikasi dropbox melalui launcher unity seperti yang tertampil di gambar di bawah:

Maka anda akan dihadapkan pada windows untuk melanjutan proses instalasi, silakan tekan tombol next, sehingga anda akan di tampilkan windows proses instalasi pada gambar di bawah:


silakan pilih opsi restart Nautilus, kemudian anda akan memulai konfigurasi aplikasi dropbox seperti di bawah ini:

klik OK, maka dropbox akan melakukan download file-file yang dibutuhkan seperti pada gambar di bawah ini:

Setelah selesai, anda akan ditanya apakah anda belum memiliki akun dropbox atau sudah, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Karena saya telah memiliki akun dropbox, maka saya memilih opsi kedua (I already have dropbox account).

Langkah selanjutnya adalah memasukkan user dan password akun dropbox yang saya miliki di langkah berikutnya seperti pada gambar di bawah:


Kemudian saya akan memilih setting default tempat menaruh folder dropbox di sistem ubuntu saya dengan memilih opsi typical seperti pada gambar di bawah:


Secara default, folder dropbox saya akan tersetting di dalam home folder saya seperti pada gambar di bawah:


Klik next, untuk melanjutkan proses instalasi.

Setelah itu silakan klik finish seperti pada gambar di bawah untuk menyelesaikan instalasi:


Setelah proses instalasi selesai, saya langsung masuk ke folder dropbox, untuk mengecek apakah isi folder dropbox saya tersinkronisasi setelah selesai install seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:

Di dalam folder, saya melihat ada 2 folder hasil sinkronisasi seperti yang saya miliki di web seperti gambar di atas, itu berarti aplikasi dropbox saya sudah berjalan lancar sebagaimana mestinya. Jika belum tersinkronisasi, maka silakan anda restart Ubuntu anda sekali, kemudian koneksikan lagi komputer Ubuntu anda dengan internet.

Berikut adalah tampilan bahwa aplikasi folder dropbox anda telah mulai sinkronisasi seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Oh iya, biasanya setelah berhasil terinstall, aplikasi dropbox ini memiliki applet notification yang ada di sebelah network manager di unity bar di atas, fungsi dropbox notification icon disini untuk memanajemen aplikasi dropbox, seperti melakukan penundaan sinkronisasi, status kapasitas yang digunakan, log perubahan file yang ada di dalamnya dan lain-lain. Jika applet icon notification dropbox ini tidak serta muncul secara otomatis setelah anda berhasil menginstallnya, maka anda bisa langsung merujuk ke tutorial berikutnya untuk memunculkan applet notifikasi dropbox tersebut.
Mudah bukan? Silakan mencoba dan semoga membantu:-)

Beberapa artikel terkait:


No comments: