Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Sunday, March 23, 2014

Cara memasang aplikasi Google Android di Ubuntu Desktop

Siapa sih yang tak kenal Google? Perusahaan besar yang bermukim di Sillicon Valley United States tersebut yang meraksasa dengan core bussiness search engine nya yang melegenda. Selain membuat search engine, google juga membuat sistem operasi mobile Android, Email Service (Gmail), cloud storage (Google Drive), Cloud Office (Quick Office),cloud Agenda (Google Calendar), Social Network (Google Plus),  Cloud Note (Google Keep), Cloud Map (Google Map), Cloud Translate (Google Translate), browser Chrome dan lain sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat dipakai dan diinstall di Android dan Windows dalam bentuk native, lalu bagaimana di Ubuntu? Jangan takut, di tutorial ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya menginstall aplikasi layanan Google pada Ubuntu Desktop. Sebagai contoh saya akan memasang aplikasi Google Drive di Ubuntu Desktop saya. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan anda sudah menginstall browser Chromium di Ubuntu Desktop sebelumnya, jika anda masih ragu, silakan cek aplikasi tersebut di Ubuntu Software Center seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


jika telah terinstall akan ada keterangan seperti pada gambar di atas, jika anda belum bisa melakukan proses instalasi di Ubuntu Desktop, anda bisa mempelajari tutorial saya tentang cara install dan uninstall aplikasi di Ubuntu Desktop.

2. Setelah terinstall, silakan buka browser chromium seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:



3. lalu pada ujung kanan atas, silakan klik tanda menu, lalu klik opsi setting seperti pada gambar di bawah:

4. Setelah itu, silakan klik tombol Sign in to Chromium seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:



5. Masukkan user dan password seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:



lalu klik OK, seperti pada gambar di bawah:



6. Kemudian klik OK untuk settingan sinkronisasi secara default, seperti pada gambar di bawah:


7. Setelah berhasil login dan melakukan pengaturan sinkronisasi, maka pada settingan browser chromium anda akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini:


8. Kemudian klik opsi extensions pada menu di samping kiri seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:



9. Lalu klik opsi "Get More Extensions" di bagian bawah aplikasi-aplikasi yang telah terinstall di browser chromium sehingga anda masuk pada tampilan yang mirip seperti pada gambar di bawah:



10. Kemudian silakan search aplikasi Google Drive di menu form searching di bagian kiri atas sehingga menghasilkan output seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:



11. Silakan klik tombol biru dengan nama +FREE di kanan aplikasi Google drive di samping kanan. Lalu klik add untuk konfimasi pemasangan aplikasi Google Drive di browser chromium anda seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:



12. Setelah proses instalasi aplikasi Google Drive berhasil, maka di browser chromium anda akan terlihat shortcut akses aplikasi Google Drive seperti pada gambar di bawah ini:



13. Kemudian silakan klik kanan pada icon Google Drive sehingga muncul pilihan menu seperti pada gambar di bawah:



lalu silakan klik menu create shortcuts, centang pada application menu atau desktop, lalu ketik create seperti pada tampilan output di bawah:



14.  Silakan klik menu Ubuntu pada unity, lalu search Google drive, jika shortcuts telah dibuat, maka akan tampak seperti pada gambar di bawah:



15. Berikut tampilan aplikasi Google Drive di Ubuntu Desktop:



16. Sebenarnya tak hanya aplikasi Google Drive saja yang bisa dipasang di Ubuntu Desktop, berikut gambar-gambar aplikasi Google yang bisa dipasang:



Anda tertarik menginstall aplikasi Google lainnya di Ubuntu Desktop? Hmmm setelah mengikuti tutorial ini anda pasti bisa sendiri kan? Terima kasih telah berkunjung dan semoga membantu anda :-)

Beberapa artikel terkait:


1 comment:

Khafid NEWS said...

iso gae maen COC bro ?