Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Friday, April 18, 2014

Cara mengaktifkan icon notifikasi dropbox di Ubuntu Desktop

Jika anda sudah mengikuti tutorial install dropbox di Ubuntu Desktop dari artikel sebelumnya di link ini, maka pada artikel sekarang, saya akan menuliskan tutorial untuk mengaktifkan notifikasi icon DropBox di Ubuntu. Icon notifikasi ini berguna untuk melakukan pengaturan pada aplikasi dropbox di Ubuntu seperti digunakan untuk menunda sinkronisasi otomatis, atau mematikan servis dropbox dan memulai kembali servis dropbox dan berbagai settingan lainnya, lumayan berguna bukan?

Sebelum diaktifkan, maka icon notifikasi dropbox tidak muncul pada unity bar seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:



Secara default setelah install dropbox, memang icon notifikasi dropbox tidak serta merta muncul, untuk itu perlu diaktifkan melalui langkah-langkah di bawah ini:

1. Silakan buka terminal, lalu jalankan perintah di bawah:

 sudo apt-get install libappindicator1

Perintah di atas untuk melakukan instalasi library icon pada system Ubuntu anda, jangan lupa koneksikan dengan internet sebelum melakukan instalasi, jika instalasi berhasil, maka akan terlihat proses instalasi seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Ketik Y, untuk melanjutkan proses instalasi sampai selesai.

Setelah instalasi berhasil, maka akan muncul icon notifikasi dropbox seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:



Jika masih belum muncul, silakan restart terlebih dahulu system Ubuntu desktop anda, tetapi seharusnya tidak perlu restart-pun sudah muncul.

Silakan cek, folder dropbox anda, setiap terjadi sinkronisasi pada folder anda, maka akan ditunjukkan tanda recycle seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:



Bagaimana? Mudah bukan menambahkan ikon notifikasi dropbox di sistem anda, silakan klik di ikon tersebut dan temukan menu-menu konfigurasi dropbox lainnya untuk membantu anda.

Semoga membantu dan terima kasih telah berkunjung :-)

Beberapa artikel terkait:


No comments: