Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Friday, March 21, 2014

Cara install dan uninstall aplikasi di Ubuntu Desktop

Apakah anda memiliki smartphone seperti Android atau Blackberry? Jika ya, bagaimana anda melakukan instalasi aplikasi di Android atau Blackberry? Setahu saya untuk melakukan instalasi aplikasi di smartphone android atau Blackberry, anda tinggal masuk ke aplikasi Play Store atau Blackberry World, searching nama aplikasi yang ingin anda install, setelah ketemu kemudian klik install, benar begitu bukan? Sebegitu mudahnya melakukan instalasi di Android dan Blackberry. Lalu bagaimana melakukan instalasi aplikasi di Ubuntu Desktop? Sebenarnya sama saja seperti di Android dan Blackberry, anda tinggal menjalankan aplikasi yang bernama Ubuntu Software Center dengan cara kerja yang hampir mirip dengan Play Store atau Blackberry World, kebayang bukan sebegitu mudahnya fasilitas yang di berikan di Ubuntu? Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah:

1. Pertama-tama, pastikan dulu Komputer atau Laptop anda terhubung ke internet, karena sama seperti Android dan Blackberry yang juga memanfaatkan koneksi internet untuk melakukan instalasi aplikasi.

2. Lalu, silakan klik logo Ubuntu di pojok kanan atas atau bisa juga dengan menekan logo windows di keyboard anda, lalu searching aplikasi Ubuntu Software Center sehingga tertampil seperti gambar di bawah:



3. Silakan klik aplikasi Ubuntu Software Center, maka anda akan ditampilkan tampilan aplikasi tersebut seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:



4. Lakukan pencarian aplikasi melalui fitur searching yang ada di pojok kanan atas, sebagai contoh saya melakukan pencarian aplikasi GIMP yang dapat digunakan sebagai foto editor sama seperti Photoshop di Windows tetapi bersifat opensource dengan licensi Free (Gratis), output pencarian ditunjukkan pada gambar di bawah:


5. Setelah tertampil aplikasi yang saya cari, saya klik aplikasi tersebut sehingga disitu tertampil opsi install dan more info, untuk melihta detail informasi dari aplikasi yang saya cari, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


6. Ketika saya klik opsi more info, anda akan ditampilkan informasi yang lebih lengkap tentang keterangan software GIMP tersebut oleh Ubuntu software center seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Untuk melakukan instalasi aplikasi tersebut, silakan klik tombol install di pojok kanan

7. Setelah tombol install di tekan, anda akan diminta untuk memasukkan password administrator untuk memverifikasi bahwa kegiatan instalasi anda harus diketahui oleh administrator system, sehingga tidak semua user di system dapat melakukan instalasi secara sembarang, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:



8. Setelah memasukkan password administrator, maka proses akan dilanjutkan seperti yang ditunjukkan pad agambar di bawah:


9. Setelah proses instalasi selesai, maka pada tampilan di Ubuntu Software Center, akan terlihat informasi bahwa aplikasi telah terinstall seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Jika suatu saat anda ingin meremove (uninstall) aplikasi tersebut, anda tinggal klik tombol remove di pojok kanan yang juga disediakan untuk menguninstall aplikasi yang tidak anda inginkan, mudah bukan?

10. Setelah proses instalasi selesai, aplikasi GIMP tersebut juga menyediakan shortcut yang ditaruh pada Unity Bar seperti yang ditunjukkan pad agambar di bawah:


atau anda juga bisa mencarinya seperti ketika anda mencari Ubuntu Software Center seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:



silakan klik, maka anda siap melakukan foto editor dengan aplikasi gimp seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:




Mudah bukan menggunakan Ubuntu Desktop layaknya anda menggunakan smartphone Android dan Blackberry, dan lagi banyak aplikasi yang free alias tidak berbayar disana. Tunggu apalagi?

Beberapa artikel terkait:



4 comments:

Anonymous said...

punya saya ko nggak ada opsi instal kaya no.5

Shutdown Otomatis di Ubuntu said...

Kalau saya lebih suka install menggunakan terminal. Thanks for sharing gan

Himawan Mahardianto said...

pake Ubuntu versi berapa ya? aakah menjalankan Ubuntu Software centernya sudah menggunakan priviledge administrator?

Infostore Gading said...

mantap gan.

mampir juga ya di infostore.co.id, situs yang menyediakan fasilitas iklan produk gratis.