Membangun folder sharing tanpa password dengan Samba Server di Ubuntu


Sesuai dengan judul di atas, di tutorial yang kali ini saya tulis menjelaskan bagaimana membangun sebuah folder sharing yang dapat dipakai siapa saja tanpa harus melalui proses login atau otentikasi. Proses ini meniadakan manajemen user terhadap siapa saja yang bisa mengakses folder sharing berikut passwordnya atau proses otentikasinya. Layanan yang bertipe semacam ini memang membuat proses pelayanan menjadi lebih mudah, tetapi juga membuat lebih rentan untuk disalahgunakan. Hanya saja ada kalanya pelayanan bertipe semacam ini tetap diperlukan untuk kasus kasus tertentu. Berikut langkah-langkahnya:

Pertama anda harus login ke dalam server samba yang akan anda konfigurasi secara remote menggunakan SSH, atau bisa langsung di komputer server samba anda tentunya, jangan milik orang lain ya :P .

Kemudian buat satu buah folder untuk dproyeksikan sebagai folder sharing yang akan digunakan dengan tipe (open) semacam ini, boleh membuat folder baru, boleh juga memakai folder yang telah ada, Pada tutorial ini, saya membuat sebuah folder baru bernama public yang ditaruh di lokasi /data/public dengan menjalankan perintah di bawah:

 sudo mkdir /data/public

Lalu langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah adalah mengubah aturan hak akses folder tersebut agar dapat dimodifikasi oleh seluruh user dengan menjalankan perintah di bawah:

 sudo chmod 777 -R /data/public/

Kemudian anda harus menambahkan konfigurasi tambahan pada server samba ini melalui aplikasi vim, dengan menjalankan perintah:

 sudo vim /etc/samba/smb.conf

Setelah berhasil masuk ke mode pengeditan, anda bisa menambahkan konfigurasi di bawah:

 [public]
 comment = Public sharing
 path = /data/public
 browseable = yes
 read only = no
 create mask = 775
 directory mask = 775
 guest ok = yes

Apabila anda masih belum mahir menggunakan aplikasi vim, mungkin anda bisa menggunakan aplikasi text editor lainnya seperti nano dan lain-lain. Jika anda ingin mencoba menggunakan aplikasi text editor vim, berikut link artikel yang pernah saya tulis yang berkaitan dengan cara menggunakan aplikasi vim.

Setelah itu, silakan restart server samba anda dengan menjalankan perintah seperti pada gambar di bawah:

 sudo service smbd restart

Untuk mencoba masuk ke dalam folder sharing tersebut, silakan buka nautilus kemudian tekan tombol CTRL+L , setelah itu, silakan masukkan alamat ip server samba yang anda maksud dengan format:

 \\alamat_ip

Sehingga terlihat seperti pada gambar di bawah ini:


Cara di atas adalah cara untuk masuk ke dalam server samba menggunakan sistem operasi Ubuntu, jika anda menggunakan sistem operasi lainnya seperti Windows atau MacOSX, anda bisa melihat cara akses server samba dengan membaca artikel pada link ini.

Jika konfigurasi yang telah dilakukan di atas pada server samba anda berhasil, maka akan terlhat folder sharing yang tersedia seperti pada gambar di bawah:


Silakan fokus pada folder dengan nama public, karena folder-folder lainnya tidak termasuk di dalam konfigurasi di artikel ini. Kemudian klik dua kali pada folder public, maka anda akan segera masuk ke dalam folder sharing public tanpa harus melalui proses otentikasi atau memasukkan password seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Pada bagian kiri, juga akan terlihat bahwa anda berhasil me"mount"ing share folder public seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Sebagai contoh, saya akan membuat sebuah folder baru di dalam sharing folder publc tersebut untuk memverifikasi bahwa folder sharing public dapat ditulisi, dan hasilnya seperti pada gambar di bawah ini:


Siapapun dapat masuk dan menulisi folder sharing tersebut, sangat mudah menggunakannya tetapi juga sangat rawan untuk disalahgunakan, karena kemudahan itu berbanding terbalik dengan keamanan. Silakan mencoba dan semoga membantu :)

Beberapa Artikel terkait:

Membangun folder sharing tanpa password dengan Samba Server di Ubuntu Membangun folder sharing tanpa password dengan Samba Server di Ubuntu Reviewed by Himawan Mahardianto on July 30, 2014 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.