Cara mudah menambah hak akses penggunaan sudo di Ubuntu Server / Ubuntu Desktop

Bagi pengguna Ubuntu server, mungkin sudah tidak asing lagi dengan perintah sudo (super user do). Perintah ini digunakan untuk menjalankan perintah-perintah yang seharusnya hanya bisa dijalankan oleh root sebagai pemilik hak akses tertinggi di dalam system. Jadi penggunaan sudo ini seperti pendelegasian hak akses root terhadap user biasa. Perintah-perintah yang pada umumnya hanya bisa dijalankan oleh super user (root) ini antara lain adalah perintah instalasi aplikasi (apt-get), perintah restart (reboot), perintah shutdown dan lain sebagainya. Secara default, setelah anda menginstall Ubuntu Server atau Ubuntu Desktop, user root tidak akan aktif sebelum anda mengeset password untuk user root tersebut. Sebagai gantinya, user yang anda daftarkan saat pertama kali install telah di delegasikan hampir semua hak akses untuk menjalankan perintah-perintah khusus yang hanya bisa dijalankan menggunakan super user tersebut. Caranya adalah melalui perintah sudo. Contoh untuk menjalankan perintah sudo seperti di bawah ini:

 sudo apt-get update

Perintah di atas digunakan untuk melakukan update repository sistem operasi Ubuntu server anda dan tidak akan bisa dijalankan oleh user lainnya yang tidak terdaftar sebagai penerima delegasi hak akses root. Pada studi kasus di artikel ini, saya ingin mengajarkan sebuah tutorial untuk menambahkan hak akses pengguna di sistem operasi Ubuntu anda agar bisa menjalankan suatu perintah dengan menggunakan sudo. Hanya pendelegasian satu perintah saja, yaitu perintah install dan uninstall aplikasi di sistem Ubuntu anda kepada user test. Untuk melakukan manajemen user (menambah user dan menghapus user) di sistem, saya tidak akan mengajarkannya pada tutorial ini karena sudah saya tulis di artikel sebelumnya yang bisa anda pelajari di tutorial saya sebelumnya yang berjudul “Menambah user di Ubuntu lewat terminal”.

Berikut langkah-langkahnya pendelegasian hak akses suatu perintah dengan sudo:
Silakan login dengan menggunakan user test kemudian jalankan perintah:

 sudo apt-get install apache2

Perintah di atas digunakan untuk melakukan instalasi aplikasi apache2, karena belum diberi hak akses terhada perintah tersebut, maka keluaran dari perintah tersebut tertampil seperti pada gambar di bawah:


Dari gambar di atas, terdapat pesan error, bahwa user test tidak memiliki kewenangan untuk melakukan kegiatan manajemen aplikasi.

Kemudian, saya akan login ke user utama yang memiliki delegasi hak akses root, kemudian menjalankan perintah:

 locate apt-get

Perintah diatas digunakan untuk mencari lokasi letak aplikasi apt-get di sistem yang dijalankan, keluaran dari perintah “locate apt-get” tersebut tertampil seperti di bawah:


Dari gambar di atas, diketahui bahwa aplikasi apt-get tersebut berlokasi di /usr/bin/

Setelah tahu letak lokasi aplikasi apt-get, saya kemudian menjalankan perintah:

 sudo visudo

Perintah di atas digunakan untuk membuka file /etc/sudoers yang digunakan untuk mencatat pendelegasian suatu perintah atau hak akses penggunaan sudo pada user di dalam system, yang pada kasus ini, saya akan menambahkan baris perintah:

 test ALL=(ALL:ALL) /usr/bin/apt-get

Sehingga terlihat seperti pada gambar di bawah:


Lalu pada bagian bawah, akan terlihat opsi-opsi seperti pada tampilan di bawah ini:


Silakan tekan tombol CTRL+x untuk keluar dari aplikasi visudo, sehingga akan tertampil opsi seperti pada gambar di bawah:


Silakan tekan tombol SHIFT+y maka akan tertampil opsi seperti pada gambar di bawah:


Silakan ubah nama file /etc/sudoers.tmp menjadi file /etc/sudoers seperti pada tampilan di bawah:


Setelah berhasil di ubah, silakan tekan ENTER, sehingga akan muncul opsi apakah anda ingin melakukan OVERWRITE, seperti pada gambar di bawah:


Silakan tekan tombol SHIFT+y untuk menjawab ya sekaligus, keluar dari aplikasi visudo.

Setelah berhasil keluar dari aplikasi visudo, maka user test di system operasi Ubuntu anda akan memiliki hak akses untuk menjalankan perintah apt-get, untuk mencobanya, anda bisa menjalankan perintah:

 sudo apt-get install apache2

Dari perintah di atas, berfungsi untuk melakukan instalasi web server apache versi 2 ke dalam sistem ubuntu anda, berikut hasil output dari perintah di atas, jika anda berhasil menambahkan hak akses apt-get ke dalam daftar sudo:


Selain dapat digunakan untuk melakukan instalasi suatu aplikasi ke dalam sistem, user test tersebut juga dapat melakukan penghapusan suatu aplikasi di dalam sistem dengan perintah:

 sudo apt-get remove mc

Perintah di atas, digunakan untuk menghapus aplikasi mc di dalam sistem, berikut keluaran hasil perintah di atas yang ditampilkan pada gambar di bawah:



Kemudian saya akan mencoba melakukan restart sistem operasi Ubuntu dengan perintah di bawah menggunakan user test:

 sudo reboot

Dan hasilnya adalah tidak bisa seperti yang tertampil pada gambar di bawah:


Karena perintah reboot tersebut belum di delegasikan kepada user test untuk bisa dijalankan. Anda bisa menambahkan perintah kedua yang didelegasikan kepada user test degan format:

 test ALL=(ALL:ALL) /usr/bin/apt-get[spasi][perintah berikutnya][spasi][perintah berikutnya]

Mudah bukan, semoga membantu dan terima kasih telah berkunjung :-)

Beberapa artikel terkait:
Cara mudah menambah hak akses penggunaan sudo di Ubuntu Server / Ubuntu Desktop Cara mudah menambah hak akses penggunaan sudo di Ubuntu Server / Ubuntu Desktop Reviewed by Himawan Mahardianto on May 18, 2014 Rating: 5

2 comments:

konyol said...

ga bisa tuh bos? sy tambahkan 1 user, trus ikutin cara diatas. user baru ini malah bisa melakukan apa saja termasuk reboot segala.

sippost.com said...

thx'z bgt infonya om. i like it

Powered by Blogger.