Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Tuesday, November 05, 2013

Menghapus User di Ubuntu Server/Desktop melalui terminal (Manajemen User - part 2)

Pada tulisan sebelumnya sudah saya bahas bagaimana menambah user melalui artikel yang berjudul "Menambah User di Ubuntu Server/Desktop melalui terminal (Manajemen User - part 1)", kali ini saya akan membahas bagaimana cara menghapus user-user yang telah terdafar pada tulisan kali ini. Seperti biasanya, mari kita buka lebih dulu terminal ubuntu anda. Katakanlah saya memiliki user di sistem pengguna dengan nama test dan pastikan anda menjalankan perintah penghapusan ini dengan user yang setingkat dengan system administrator atau sebagai root/super user, karena user dengan level biasa tidak akan bisa menghaus user lainnya yang memiliki level setara.

Untuk menghapus user test, anda bisa menjalankan perintah:

 deluser test

User test ini akan dihapus dari sistem akan tetapi, perlu anda tahu bahwa folder /home/ milik user test yang berlokasi di /home/test/ tidak akan dihapus secara otomatis. Jika anda ingin menghapus user test beserta folder /home/test/ anda bisa menjalankan perintah seperti di atas dengan opsi-opsi tambahan seperti:

 deluser test --remove-home

Jika berhasil, maka saat anda menghapus user test di sistem, secara otomatis folder /home/ dan seluruh file yang berada di folder /home/test/ juga akan dihapus. Jika anda ingin melakukan backup seluruh file-file pengguna sebelum dihapus dari seluruh sistem, maka anda bisa menjalankan perintah:

 deluser test --backup-to /tmp/ --remove-home

dengan perintah di atas maka akan dibuat backup file-file milik user test di dalam folder /tmp/ dengan nama test.tar.bz2 

Sebagai catatan: Saat kita menghapus sebuah user maka keanggotaan user tersebut di suatu grup juga akan dihapus. Begitu juga grup yang dimiliki oleh user yang dihapus tersebut. Data user yang tercatat di /etc/passwd juga akan dihapus dari daftar.

Mudah bukan memanajemen user menggunakan terminal di Ubuntu Server dan Desktop? Silakan mencoba ya :)

No comments: