Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Tuesday, May 13, 2014

Tutorial Install dan setting printer di Ubuntu desktop

Pada kesempatan kali ini, saya ingin menuliskan cara untuk melakukan instalasi printer ke dalam sistem operasi Ubuntu desktop anda. Printer yang saya pakai disini adalah printer merk HP deskjet versi 1515. Kenapa saya memilih merk HP? Bukan karena promosi ya :-P, tetapi karena merk ini sudah terkenal mendukung dan menyediakan drivernya untuk sistem operasi open source seperti Ubuntu. Langsung saja saya mulai langkah-langkah untuk instalasi printer HP 1515 di Ubuntu desktop. Cara ini bisa juga digunakan untuk merk printer lainnya, hanya saja saya tidak bisa menjamin ketersediaan driver untuk sistem operasi Linux (Ubuntu). Oh iya, saran saya, saat melakukan instalasi dan setting printer, lebih baik komputer Ubuntu anda terkoneksi dengan internet, berikut langkah-langkahnya:

Colokin printer HP Deskjet/Inkjet 1515 ke komputer dalam kondisi hidup keduanya.

Kemudian klik logo unity di pojok kiri atas, kemudian ketik printer, untuk masuk ke menu setting printer, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:



Setelah masuk ke menu printer, karena saya belum melakukan install dan konfigurasi printer di dalam Ubuntu saya, maka di gambar tidak tampak satupun printer yang telah terinstall di dalam system seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Klik add untuk menambah printer, setelah itu, anda akan dimunculkan jendela aplikasi hasil deteksi hardware printer yang telah terkoneksi di komputer anda, karena saya menyambungkan printer HP 1515 dengan koneksi USB pada komputer Ubuntu saya. Jika seri printer yang terdeteksi di komputer Ubuntu lengkap sesuai dengan seri hardware-nya, itu pertanda Ubuntu menyediakan installer untuk drivernya, seperti yang terlihat pada gambar di bawah :



Klik forward untuk melanjutkan ke langkah berikutnya, pada step selanjutnya saya diminta untuk memberi nama printer tersebut di dalam system, saya tulis seperti pada tampilan di bawah, lalu klik apply:



Secara otomatis, driver akan terinstall pada komputer Ubuntu saya, lalu setelah berhasil terinstall anda akan diminta untuk melakukan test print page seperti yang terlihat pada gambar di bawah untuk memastikan bahwa proses instalasi driver printer telah berhasil dilakukan:



Setelah berhasil terinstall dengan baik, setiap kali anda melihat menu printer lewat unity bar, tidak lagi terlihat kosong seperti pada gambar di bawah:



Tetapi terlihat seperti gambar ini:


Jika anda klik dua kali icon printer tersebut, maka akan muncul settinga lanjut seperti pada gambar di bawah:


Untuk memastikan sekali lagi, maka saya mencoba melakukan uji cetak melalui aplikasi Kingsoft Office yang ada di sistem operasi Ubuntu anda, jika berhasil menginstall printer, maka tampilan fungsi print dengan menggunakan printer yang telah kita install tadi terlihat seperti di bawah ini:


Mudah bukan menggunakan Ubuntu Desktop? Tidak kalah mudahnya dengan sistem operasi berbayar lainnya semacam Windows dan MacOSX. Silakan mencoba dan jangan takut untuk mengeksplorasi kemampuan Ubuntu lainnya. Terima kasih sudah berkunjung :-)

Beberapa artikel terkait:




6 comments:

Apotek Herbal ACE MAXS said...

thanks buat infonya,, nice artikel and good info

http://goo.gl/4lKCNU

Anonymous said...

Kadang saya print excelnya pakai kingsoft di ubuntu, selalu tidak karuan dalam hasil print jika layoutnya maksimum. gimana cara mengatasi hal ini agar hasilnya bagus?

Himawan Mahardianto said...

apakah ketika di print preview hasilnya juga tidak karuan?

FITRIA said...

Utk cara scan nya bgmn ya? Buka lewat simple scan,, scanner tdk terdeteksi,, mohon info dong,, tksh,,

Juliper Silalahi said...

Mungkin bisa diakali dengan eksport file ke format pdf untuk "mengunci" format laman excel nya.

Suranto said...

Saya pakai canon ip2770. Tapi setiap print hasil cetakannya bergaris dan tinta cetakan tidak normal. Padahal jika saya print pakai laptop windows hasil cetakannya bagus atau normal. Solusinya apa gan??? Thx