Remote login dengan SSH tanpa password di Ubuntu Server


Jika pada tulisan sebelumnya saya menuliskan tutorial mengganti port layanan SSH server, sekarang di tutorial kali ini, saya akan membahas bagaimana melakukan remote login SSH ke server tanpa harus mengetikkan password, seperti yang biasanya selalu dilakukan untuk login. Oh iya, anda tentu saja sudah harus memiliki akun user di dalam server tujuan, jika anda tidak punya, bagaimana anda bisa masuk ke dalam server tersebut? Secara brute force? He he he jangan seperti itu ya, karena tindalan tersebut merupakan tindak pidana, masuk ke dalam “rumah” orang lain tanpa ijin. Jika anda menggunakan remote klien seperti JuiceSSH di android atau PuTTY di Windows, anda bisa menyimpan user dan password anda di aplikasi tersebut, sehingga setiap kali anda akan login, aplikasi tersebut secara otomatis memasukkan password secara otomatis. 

Bagaimana jika remote login yang anda lakukan dari terminal Ubuntu Desktop ?

Coba ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pertama-tama pastikan server tujuan membuka layanan remote login ssh dengan menjalankan perintah di bawah:

 sudo nmap [domain/ip_tujuan]

sehingga menghasilkan output seperti di bawah:


Jika anda melihat bahwa default port 22 terbuka, berarti server siap melayani remote login menggunakan SSH dari klien (komputer anda)

2. Kemudian anda menggenerate sepasang hybrid key (public and private key) di komputer klien dengan perintah:

 ssh-keygen

silakan tekan ENTER agar dipilih opsi default hingga selesai membuat sebuah hybrid key seperti yang tertampil di gambar di bawah:


3. Server tujuan saya menggunakan alamat IP 192.168.0.2 sedangkan user yang saya pakai untuk remote login bernama “himawan” , maka yang harus saya lakukan selanjutnya dalah membagi hybrid key tadi ke server tujuan dengan menjalankan perintah:

 ssh-copy-id [email protected]

sehingga akan tertampil output seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


4. Jika anda berhasil menyalin hybrid key klien ke server tujuan, langkah selanjutnya adalah mencoba login ke dalam server dengan perintah:

 ssh [email protected]

hasil login secara remote dengan SSH tanpa password akan berhasil anda lakukan, sehingga saya memilik tampilan output seperti di bawah:


Yup, mudah bukan melakukan konfigurasi remote login tanpa password? Fitur ini nantinya akan berguna jika anda ingin menggunakannya dipadukan dengan remote synchronizing (rsync) antar komputer melewati jaringan.

Beberapa artikel terkait:


Remote login dengan SSH tanpa password di Ubuntu Server Remote login dengan SSH tanpa password di Ubuntu Server Reviewed by Himawan Mahardianto on March 07, 2014 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.