Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Friday, November 08, 2013

Troubleshooting verifikasi Remote Host Identification yang gagal

Apakah anda sudah pernah melakukan SSH atau remote login? Atau anda belum tahu apakah SSH itu? Hmmmm ... itu berarti anda harus membaca beberapa tulisan saya sebelumnya yang berjudul "Remote Login ke Ubuntu Server / Desktop". 

Oh iya supaya kita lebih nyambung lagi, saran saya anda juga harus tahu tentang Remote Host IDentification dan fungsinya, untuk itu anda saya sarankan untuk membaca tulisan saya sebelumnya dengan judul "Fungsi Remote Host IDentification di SSH". Mari kita lanjutkan lagi, suatu ketika saat saya ingin melakukan remote login ke suatu server, katakanlah server 5. 

Saya mendapati tidak bisa melakukan login secara remote menggunakan SSH, dengan keterangan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:


dari gambar di atas, saya mencoba melakukan remote login menggunakan layanan SSH dari server3 menuju ke server5 dengan alamat IP server5 adalah 192.168.0.250, akan tetapi permintaan remote login saya di tolak, dikarenakan kunci remote host ID yang saya punya berbeda dengan key yang dimiliki server5. 

Ibarat saya ingin masuk sebuah rumah, tetapi kuncinya tidak cocok. Apakah saya salah memasukkan password user SSH saya? Atau password saya ada yang merubahnya? atau server saya sudah dikuasai oleh orang lain (hacker) ? ha ha ha ha, kenapa imajinasi saya menjadi liar seperti ini ya :P. Sebenarnya, kunci yang saya maksud ini bukanlah password milik user yang akan saya gunakan untuk remote login ke server5. Akan tetapi merupakan kunci RHID (Remote Host IDentification) hasil "generate" yang diberikan oleh server SSH yang melayani kita.

Lalu bagaimana penyelesaiannya? Solusinya adalah anda bisa hapus, key RHID yang anda punya, yang umumnya berada di lokasi /home/user_anda/.ssh/known_hosts. Silakan buka menggunakan editor vim dengan perintah:

 sudo vim /home/user_anda/.ssh/known_hosts

maka anda akan melihat isi file yang mirip seperti tampilan di bawah ini:



Lalu bagian mana yang harus dihapus? jika anda cermat dalam membaca pesan error anda akan mendapatkan informasi, letak RHID yang tidak cocok berada di baris ke berapa seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:


dari informasi tersebut, saya diberitahu, bahwa RHID yang tidak cocok berada pada baris ke 4, silakan hapus baris ke 4 pada file known_hosts tersebut. Melalui fitur vim, saat masuk ke mode READ anda ketik saja ":4" tanpa tanda petik lalu tekan tombol "dd" tanpa tanda petik, maka otomatis anda akan menghapus baris ke 4 atau kunci RHID yang tidak cocok tadi. Silakan simpan dan keluar dari editor vim tersebut, lalu coba lagi melakukan remote login ke komputer yang anda tuju tadi (pada kasus ini saya mencoba melakukan remote login ke komputer dengan nama server5) seperti yang terlihat pada gambar di bawah:

dari gambar di atas, saya akan diberi kunci RHID yang baru lagi, maka saya jawab yes/ya untuk menyimpannya lagi di file known_hosts, kemudian saya masukkan password user yang saya gunakan untuk masuk ke dalam server. dan voila?!! anda sudah berhasil masuk ke dalam sistem menggunakan remote login SSH seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Bagaimana, mudah bukan? semoga artikel ini membantu anda menyelesaikan masalah yang sama. :)

Beberapa artikel terkait:

No comments: