Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Saturday, February 01, 2014

File transfer melalui port SSH di jaringan komputer dengan aplikasi MC (Midnight Commander) di Terminal Ubuntu server / Desktop


Pada tutorial kali ini, saya akan membahas bagaimana memanfaatkan layanan SSH untuk melakukan file transfer di jaringan komputer. Dari artikel yang pernah saya tulis sebelumnya dengan judul “Remote login ke Ubuntu Server dengan SSH”, aplikasi SSH digunakan untuk me-remote dari jarak jauh. Selain dapat digunakan untuk me remote sebuah host (Desktop / Server) atau perangkat jaringan lainnya, layanan SSH ini dapat juga digunakan untuk melakukan file transfer (scp – secure copy). Tambahan manfaat lainnya adalah, setiap paket file transfer yang kita transmisikan melalui layanan SSH, secara tidak langsung juga akan ikut terenkripsi sehingga menambah kualitas keamanan layanan.

Ada banyak aplikasi yang dapat kita gunakan untuk melakukan aktifitas file transfer ini, jika di Windows, kita bisa menggunakan WinSCP, jika di sistem operasi linux, kita bisa menggunakan filezilla bagi yang memiliki antarmuka grafis dan aplikasi MC (Midnight Commander) yang tdiak memiliki antarmuka grafis (dimana salah satunya adalah Ubuntu Server). Untuk penggunaan file transfer via WinSCP sudah saya bahas sebelumnya di tulisan saya dengan judul “Mengakses file di Linux dari Windows dengan mudah”. Maka pada tulisan kali ini saya membahas file transfer yang menggunakan terminal. Berikut langkah-langkahnya:

1. Silakan login pada Ubuntu Server anda, pastikan aplikasi mc telah terinstall sebelumnya. Jika belum, maka anda bisa melakukan instalasi paket aplikasi mc tersebut dengan menjalankan perintah:
 sudo apt-get install mc

2. Misalnya anda ingin melakukan file transfer (upload/download) ke server Ubuntu/Linux lainnya dengan alamat IP tujuan 192.168.0.2/24. maka silakan jalankan aplikasi mc seperti di bawah:

 mc

maka anda akan disuguhi tampilan aplikasi mc seperti yang terlihat pada gambar di bawah:

seperti yang dapat anda lihat, aplikasi MC ini menampilkan 2 windows, untuk berpindah pindah dari satu windows ke windows lainnya anda dapat memanfaatkan tombol “tab”. Jika anda melihat ujung bawah, maka disitu ada printah2 yang dapat anda gunakan dengan mengakses tombol F1 – F10 , untuk menu lainnya anda dapat menekan tombol F9 lalu tekan tanda panah ke bawah untuk menurunkan menu, sehingga terlihat tampilan seperti di bawah ini:

  
lalu pada menu “Left”, pilih menu “shell link” seperti pada gambar di bawah:
 
*Selain shell link, aplikasi MC ini mendukung protocol FTP dan SFTP sebagai klien

kemudian masukkan alamat IP dan nama user yang digunakan untuk membuka koneksi dengan format nama_user@alamat_ip seperti yang terlihat seperti pada gambar di bawah ini:
apabila anda belum pernah masuk ke dalam komputer tujuan, anda akan diminta menyimpan RHID (Remote Host Identification) seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, jika anda belum mengetahui fungsi RHID, anda bisa membaca tulisan saya sebelumnya yang berjudul "Fungsi RHID di SSH":

 
pilih yes, lalu enter, maka anda telah membuka koneksi dengan komputer tujuan, windows sebelah kiri adalah komputer yang di remote, dan window sebelah kanan adalah window komputer lokal anda seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:
Untuk melakukan perintah copy, pilih file/directory yang akan di copy kemudian pencet F5. Prose kopi akan terlihat seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah ini:
  

Untuk meng kopi beberapa file sekaligus, anda dapat memilih beberapa file yang ingin anda kopi dengan menekan tombol INSERT terlebih dahulu, sehingga file-file yang terpilih terlihat berwarna kuning seperti gambar di bawah ini:

 
Baru kemudian anda tekan tombol F5 untuk mengkopi, F6 untuk memindahkan (moving) atau F8 untuk menghapus file-file yang telah anda pilih tadi.

Bagaimana, mudah bukan? Semoga bermanfaat, dan terima kasih telah berkunjung :)

Beberapa artikel terkait:

No comments: