Cara setting USB modem 3G HSDPA di Ubuntu Desktop

Jika saya bepergian ke suatu tempat yang tidak menyediakan jaringan Wifi maupun Kabel LAN Internet, saya biasanya menggunakan 2 cara untuk melakukan koneksi internet. Yang pertama saya akan menggunakan wifi/USB tethering menggunakan Smartphone Android, dan yang kedua saya menggunakan modem 3G/HSDPA/CDMA. Memakai smartphone yang digunakan untuk tethering sangatlah praktis, hanya saja saya tidak bisa sering mengganti-ganti kartu telepon yang ada di dalamnya untuk mendapatkan koneksi internet yang termurah. Perilaku sering mengganti-ganti kartu telepon akan mengakibatkan konektor kartu menjadi aus pada smartphone saya. Jika menggunakan modem khusus barulah saya berani mengganti-ganti kartu GSM/CDMA yang saya gunakan sekedar untuk mendapatkan tarif internet yang cepat dan murah. Karena kecepatan koneksi intenet di suatu tempat bisa berbeda-beda walaupun menggunakan paket yang sama. Tergantung kepadatan trafik di lokasi tersebut. Jika menggunakan smartphone tethering, saya hampir tidak perlu melakukan konfigurasi di Ubuntu Desktop, lalu bagaimana jika menggunakan modem? Maka pada kesempatan ini, saya akan menulis tutorial tentang cara setting modem 3G di Ubuntu Desktop, modem yang saya gunakan adalah merk Huawei E1550 sedangkan kartu GSM 3G/HSDPA nya menggunakan Indosat. Ubuntu Desktop yang saya gunakan disini adalah versi 13.10 dengan nama kode Saucy salamander. Jika anda ingin tahu list modem apa saja yang di support di Ubuntu, anda bisa meliatnya melalui link ini.

Anda penasaran? Berikut langkah-langkahnya:
1. Masukkan USB modem stick Huawei E1550 ke dalam komputer Ubuntu Desktop 13.10 anda, jangan lupa isi dengan salah satu operator GSM yang  anda inginkan.

2. Kemudian klik icon unity di pojok kanan atas, kemudian searching aplikasi network connection dari unity bar, seperti yang ditampilkan pada gambar di bawah:
setelah masuk, anda akan di beri tampilan setting koneksi jaringan seperti pada gambar di bawah:




3. Silakan klik tombol add untuk menambah konfigurasi koneksi menggunakan modem di tombol sebelah kanan, sehingga tertampil tampilan seperti di bawah:



pada connetion type, silakan pilih opsi mobile broadband kemudian klik create.


4. Karena saya menggunakan modem USB Huawei yang versinya telah disupport oleh Ubuntu, maka pada pilihan mobile broadband device, secara otomatis terpilih device HUAWEI seperti yang ditampilkan pada gambar di bawah:


5. Pada step selanjutnya setelah anda mengeklik tombol continue, saya memilih Indonesia sebagai negara saya akan membangun koneksi yang saya lakukan ini.



6. Step selanjutnya adalah memilih provider yang saya pakai di modem 3G saya, disini saya memilih Indosat sebagai provider yang digunakan, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:





7. Langkah berikutnya adalah saya diminta memilih rencana paket yang akan digunakan paka provider, disini saya memilih berbasis kuota seperti yang dtinjukkan pada gambar di bawah:





8. Kemudian di tahap ini anda akan diberi konfirmasi settingan yang telah anda buat di tahap-tahap sebelumnya untuk di verifikasi seperti pada gambar di bawah:

9. Lalu pada proses selanjutnya anda akan diminta untuk memberi nama koneksi modem (disini saya beri nama koneksinya adalah Indosat IM3/Mentari Volume-based) dan diminta untuk memasukkan dial number, nama user dan password pada provider yang anda gunakan seperti pada gambar di bawah:





jika provider anda tersedia di Ubuntu desktop seperti yang ditunjukkan pada langkah nomer 6, maka opsi pada gambar di atas telah terisi otomatis seperti milik saya.


10. Setelah save, maka settingan koneksi modem mobile broadband yang tadi saya lakukan akan tampak seperti pada gambar di bawah:



11. Lalu klik icon network di pojok kanan atas, lalu pilih koneksi Indosat IM3/Mentari Volume-based untuk melakukan dialing modem. Jika sudah berhasil terkoneksi anda akan diberikan notifikasi koneksi seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:



Mudah bukan melakukan settingan USB modem 3G/HSDPA di Ubuntu desktop. Anda tidak perlu melakukan instalasi aplikasi apapun untuk membangun koneksi tersebut. Selamat mencoba dan semoga anda tambah tertarik menggunakan Ubuntu.


Beberapa artikel terkait:



Cara setting USB modem 3G HSDPA di Ubuntu Desktop Cara setting USB modem 3G HSDPA di Ubuntu Desktop Reviewed by Himawan Mahardianto on March 25, 2014 Rating: 5

9 comments:

andri fajarianto said...

Mau tanya gan. Ane pake d-link, ubuntu nya 14.10. Nyampe step 10 lancar tapi pas mau conect gagal terus.
Dah coba pake XL ama 3 tetep gagal, padahan sinyalnya kuat.
Kira2 masalahnya dimana?

Himawan Mahardianto said...

modemnya sudah dicoba di OS lain seperti windows? Hasilnya seperti apa kalau pake OS lain?

Herman Zigvarioz said...

Ane mau tanya gan... di ubuntu 15.04 ane pertama bisa internetan pakai modem HUAWEI dengan provider XL tapi setelah boot lagi, setiap ane konek ke jaringan XL ane diminta isi password jaringan XL, Password ubuntu ane bukan, proxl juga bukan... apa ente tau solusinya gan?

Himawan Mahardianto said...

pernah diinstall ulang belum modemnya? klo masih bermasalah coba dipasang di versi Ubuntu sebelumnya (14.10) atau dicoba pake Ubuntu 15.04 punya temennya agan apakah masih bermasalah nggak?

Dodik Mulayanto said...

di 14.04 sierra 312u tiap klik dial pasti disconect gan , gmn y

Himawan Mahardianto said...

sudah bener kah user dan password yang harus di dial? setting APN-nya sudah benar?

karimunjawa said...

gan mau nanya. punyaku kok gak bisa konek ya padahal sdh mengikuti step diatas. tapi kalau pakai os windows memang modemku harus pindah dlu ke ndis dari defaultnya ras. jika mungkin masalahnya disitu gimana kira2 solusi mindahnya dari ras ke ndis kalau di ubuntu. thanks

Himawan Mahardianto said...

merk Huawei E1550 modemnya?

Heriyansyah Mirsuma said...

Mau Tanya Mohon cepat di balas min Q baru selesai install ubuntu dan q udah melakukan langkah di atas tp kok koneksi internetny gak nyambung padahal modem ke detect koneksi brodband udah dibuat q pake ubuntu 15.10 mohon bantuan nya secepatnya. apa ad acara biar modem gue bisa konek ke internet q pake kartu axis dari xl q pake userneme default dari ubuntu tp gakbisa jusa q pake dial number *99# gak bisa begitu juga dengan *99**1# username axis pas 123456 dan q jug acoba username xlgprs password proxl tp gak bisa juga mohon bantuan nya

Powered by Blogger.