Mengexport (dumping) Database MySQL melalui terminal di Ubuntu Server


Pada tulisan kali ini saya akan membuat tutorial singkat bagaimana melakukan export database yang berada di server MySQL yang saya install di Ubuntu server. 

Server Database MySQL, selain dapat diakses melalui DBMS/Database Manajemen System seperti PHPMyAdmin anda juga dapat mengaksesnya melalui terminal dengan menjalankan perintah seperti yang tampak di bawah ini:

 sudo mysql -u [nama_user] -p

kemudian anda masukkan passwordnya, maka anda akan masuk ke dalam terminal mysql server seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:

 
dari gambar di atas, dapat anda lihat bahwa saya masuk ke dalam terminal MySQL tersebut menggunakan user root.

Anda juga bisa menjalankan perintah perintah query seperti saat anda melakukannya di aplikasi DBMS lainnya di terminal MySQL ini. Akan tetapi di sini saya tidak akan membahas bagaimana menggunakan perintah-perintah dasar MySQL di terminal.

Untuk melakukan backup database yang ada di server MySQL, anda dapat menjalankan perintah seperti di bawah melalui terminal:
  mysqldump -u[nama_user] -p[password] --opt nama_database > /lokasi_folder_dumping/nama_database_hasil_dumping.sql
misalnya saja saya memiliki database dengan nama test, maka saya akan menjalankan perintah di bawah untuk melakukan dumping (export) database test:

  mysqldump -uroot -proot  --opt test > /home/user/backup_database.sql

dari perintah di atas akan menghasilkan dumping database dengan nama backup_database.sql yang tersimpan di lokasi folder home/ milik user saya.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)


Beberapa artikel terkait:

Mengexport (dumping) Database MySQL melalui terminal di Ubuntu Server Mengexport (dumping) Database MySQL melalui terminal di Ubuntu Server Reviewed by Himawan Mahardianto on February 08, 2014 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.