Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Saturday, November 23, 2013

Tutorial melakukan upgrade wordpress secara manual

Apakah anda pengguna wordpress newbie (pemula)? Jika ya, suatu saat pasti anda akan mengalaminya. Wordpress ini adalah aplikasi CMS (Content Managemen System) yang sudah umum digunakan sebagai framework pembuatan website khususnya blog. Sebenarnya selain wordpress, ada berbagai CMS lainnya yang juga dapat anda gunakan, seperti Joomla, Drupal, dan lain-lain. Seiiring dalam berjalannya waktu dalam menggunakan CMS wordpress ini, maka akan ditemukan berbagai celah-celah keamanan yang muncul. 

Untuk itu, wordpress selalu mengeluarkan release terbarunya untuk menambal celah-celah keamanan tersebut. Para pengguna engine wordpress diwajibkan untuk selalu melakukan upgrade engine wordpress mereka setelah versi terbaru dari Wordpress di release publik. Apabila tidak dilakukan upgrade, ada kemungkinan celah keamanan tersebut dapat di eksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. 

Bagaimana melakukan upgrade engine wordpress tersebut? Berikut langkah-langkahnya:

1. Kapan saya harus upgrade sistem Wordpress saya? Ketika anda mendapatkan notifikasi seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah, pada dashboard website anda yang menggunakan engine wordpress:



2. Silakan download engine wordpress terbaru di alamat wordpress.org, atau bisa melalui link ini, disini saya diharuskan mengupgrade engine wordpress pada website saya dari versi 3.5.2 ke versi 3.7.2.

3. Silakan buka dan lihat isi folder website anda yang berada di server web, kemudian backup seluruh isi folder dan database website anda sebelum di upgrade untuk berjaga-jaga apabila terjadi kesalahan saat melakukan upgrade.

4.Setelah backup selesai, anda bisa hapus folder wp-admin dan wp-include kemudian kopi seluruh isi folder hasil download engine wordpress terbaru, kecuali folder wp-content ke dalam website anda. Ingat! selain folder wp-content di website anda yang lama, anda bisa menimpa seluruh file dari isi folder website anda dengan engine wordpress terbaru.

5. Setelah itu, silakan masuk ke dalam halaman administrator website anda untuk finalisasi upgrade yang anda lakukan, seperti yang tertampil pada gambar di bawah:
Silakan update struktur database anda dengan menekan tombol tersebut, apabila berhasil melakukan upgrade maka anda akan ditampilkan gambar seperti di bawah:

Tekan tombol continue dan anda akan masuk ke dalam dashboard halaman admin di website anda yang menggunakan engine wordpress terbaru, pada kasus ini, engine website saya telah menggunakan engine wordpress versi 3.7.1 (terbaru pada saat itu), Berikut bukti bahwa saya telah menggunakan engine wordpress terbaru dan telah berhasil melakukan upgrade wordpress:

Mudah bukan? Terima kasih telah berkunjung, dan semoga membantu :)

Beberapa artikel terkait:

No comments: