Cara menambah kolom baru pada tabel database MySQL yang telah dibuat


Pada tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana caranya menambah kolom baru pada tabel mysql yang telah terlanjur di buat. Langsung saja, saya akan masuk ke dalam server MySQL lewat terminal dengan perintah:

 mysql -u root -p

kemudian saya masukkan password user yang saya gunakan, lalu akan menuju antarmuka mysql client di terminal. lalu saya mencoba membuat sebuah tabel MySQL dengan spesifikasi berikut:

Nama kolomTipe dataPanjang data
idintegerdefault
namavarchar50

Saya memilih database dengan nama belajar dengan perintah:

 use belajar;

lalu saya akan membuat tabel baru dengan nama profile, maka saya tinggal memasukkan perintah di bawah untuk membuat spesifikasi tabel seperti di atas di MySQL Server:

 CREATE TABLE profile (
 id INT PRIMARY KEY,
 nama VARCHAR(50) NOT NULL
 );

sehingga hasilnya seperti di bawah ini:


untuk melihat hasil pembuatan tabel profile tersebut, saya menjalankan perintah:

 SHOW TABLES;


dari hasil di atas anda dapat melihat bahwa tabel database profile telah dibuat, kemudian anda bisa melihat struktur tabel profile yang saya buat dengan menjalankan perintah:

 DESCRIBE profile;

lalu anda bisa melihat hasilnya dibawah, bahwa spesifikasi tabel database MySQL yang saya buat sudah seperti yang saya inginkan.


lalu saya ingin menambah kolom baru dengan nama kolom email dengan tipe data varchar dengan panjang 50, karena saya sudah terlanjur membuat tabel tersebut,  maka saya menjalankan perintah di bawah untuk menambah kolom email tersebut:

 ALTER TABLE profile ADD email VARCHAR(50) NOT NULL;

hasil perintah tersebut terlihat seperti di bawah ini:


jika dilihat struktur tabel nya dengan perintah di bawah:

 DESCRIBE profile;

maka hasilnya akan terlihat seperti ini:


anda dapat melihat bahwa ada kolom baru dengan nama email dengan tipe data VARCHAR dengan panjang 50. Saya mencoba menambah kolom baru yaitu kolom alamat dengan tipe data VARCHAR dengan panjang 50 juga, maka saya akan menjalankan perintah:

 ALTER TABLE profile ADD alamat VARCHAR(50) NOT NULL;

maka hasilnya seperti tampilan di bawah ketika perintah tersebut dijalankan:


jika saya menjalankan perintah untuk melihat struktur tabel profile seperti di bawah:

 DESCRIBE profile;

maka hasilnya seperti berikut:


anda bisa melihat bahwa kolom alamat juga sudah ditambahkan, mudah bukan menambah kolom baru pada tabel database MySQL yang terlanjur dibuat. Selamat mencoba ya



Cara menambah kolom baru pada tabel database MySQL yang telah dibuat Cara menambah kolom baru pada tabel database MySQL yang telah dibuat Reviewed by Himawan Mahardianto on December 25, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.