Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Monday, June 02, 2014

Tutorial menyimpan session browsing tab di chrome

Pernahkah anda melakukan browsing dengan banyak tab menggunakan Chrome? Kemudian entah kenapa, browser anda crash dan closed force (tertutup paksa). Jika hal itu terjadi, maka secara otomatis browser chrome anda akan melakukan penyimpanan seluruh tab yang anda buka ke dalam sistem recovery session sehingga ketika anda membuka kembali browser chrome yang forced close tadi akan muncul pilihan apakah anda akan melakukan recovery session terhadap tab-tab yang anda buka tadi atau anda ingin memulai sesi yang baru. Jika anda memilih sesi yang baru, maka session yang tersimpan pada sistem recovery tersebut akan dihapus dan rekaman browsing sebelumnya yang disimpan pada recovery session akan segera dipindahkan ke dalam sistem history management.

Lalu bagaimana jika saya ingin menyimpan session beberapa tab saat saya melakukan browsing tanpa harus melalui recovery session? Penyimpanan session tab ini berguna ketika saya ingin menyimpan apa yang sedang saya browsing untuk dibuka lagi suatu waktu. Misalnya saja saya membuka banyak tab, apakah saya harus membuka satu-satu tab yang tadi saya buka melalui management history? Sungguh melelahkan, untuk itu pada tulisan di artikel ini, saya ingin membahas bagaimana melakukan penyimpanan session hasil selancar (browsing) anda menggunakan perambah (browser) chrome:

Pertama-tama, anda harus login dahulu pada browser chrome anda menggunakan akun Google yang anda miliki. Jika anda belum tahu cara login ke dalam browser Chrome, maka anda bisa ikuti tutorial di artikel ini.

Setelah berhasil login, kemudian silakan klik icon apps yang terletak di ujung atas sebelah kiri browser chrome dengan tampilan icon seperti yang tampak pada gambar di bawah:


lalu silakan klik icon Web Store yang ada di ujung bawah kanan dengan icon yang tamak seperti pada gambar di bawah:


Kemudian silakan masukkan kata kunci "session manager" pada kolom input seperti yang terlihat pada gambar di bawah:


dari hasil pencarian tersebut, saya mendapati beberapa pilihan aplikasi session manager, anda bisa pilih ingin memakai yang manapun yang tersedia tidak ada rekomendasi dari saya, sedangkan saya memilih aplikasi session manager buatan tirokea tanpa alasan khusus seperti yang terlihat pada gambar di bawah:



silakan klik pada bagian tombol +FREE untuk melakukan proses instalasi, setelah di pencet maka anda akan dihadapkan opsi instalasi seperti yang tampak pada gambar di bawah:


silakan klik add untuk menyelesaikan proses pemasangan aplikasi session manager. Setelah berhasil melakukan instalasi, maka akan tertampil icon di bagian kanan atas sebelah address bar di browser chrome anda seperti yang tampak pada gambar di bawah:


Misalnya saja saya memiliki banyak tab-tab yang saya buka dan ingin saya simpan seperti yang tampak pada gambar di bawah:


yang saya lakukan untuk menyimpan seluruh tab tersebut, saya tinggal klik icon session manager sehingga tertampil seperti pada gambar di bawah, opsi untuk memberi nama session yang akan disimpan:


kemudian klik save, jika berhasil disimpan, maka hasil session tersebut akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini:


Untuk mencoba hasil membuka session yang anda simpan tadi, saya akan menutup browser chrome yang sedang saya gunakan, kemudian saya klik icon session manager lalu klik opsi open seperti yang tampak pada gambar di atas. hasilnya, seluruh session tab-tab yang tadi saya simpan muncul secara serentak seperti yang terlihat pada gambar di bawah:


Bagaimana? mudah dan berguna bukan, silakan mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

Beberapa artikel terkait:

No comments: