Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Wednesday, May 14, 2014

Mengganti nama komputer (hostname) di Ubuntu Desktop/Server

Pernahkah anda ingin mengganti nama komputer (hostname) Ubuntu anda? Saya pernah ingin mengganti nama komputer di sistem operasi Ubuntu saya, kenapa saya ganti? Karena nama yang saya gunakan sama dengan komputer lainnya, nama komputer atau hostname disini saya gunakan sebagai identifikasi suatu komputer, sehingga tidak boleh sama satu dengan lainnya. Lalu bagaimana cara menggantinya? Berikut langkah-langkahnya:

Pada contoh kali ini, saya ingin mengganti nama hostname di Ubuntu Desktop yang saya gunakan, cara ini juga bisa digunakan di Ubuntu versi server.

Pertama, untuk melihat nama komputer yang digunakan, silakan klik unity bar di pojok kiri atas, lalu ketik detail, maka akan muncul aplikasi details yang menampilkan informasi komputer yang anda gunakan, seperti di bawah ini:


Setelah di klik aplikasi detail itu, maka akan tertampil informasi komputer anda, informasi milik komputer saya adalah di bawah ini:


Dari situ dapat anda lihat bahwa nama komputer (hostname) saya adalah himawan-hp-mini-1000 yang nantinya akan saya rubah menjadi himawan-hp-mini-1014TU

Untuk itu, saya buka terminal, lalu saya menjalankan perintah:

 sudo vim /etc/hosts

atau anda bisa menjalankan perintah:

 sudo gedit /etc/hosts

Kemudian saya rubah nama hostname awalnya, dari:




Menjadi seperti ini:



Silakan save.

Lalu anda buka lagi file /etc/hostname dan ubah dengan perintah:

 sudo vim /etc/hostname

atau anda bisa menjalankan perintah:

 sudo gedit /etc/hostname

Kemudian saya rubah nama hostname awalnya, dari:


Menjadi seperti ini:


Silakan save.

Setelah berhasil merubah kedua file tersebut, silakan restart, lalu setelah restart, silakan anda buka lagi aplikasi details tadi, maka nama hostname anda telah berubah, seperti milik saya di bawah ini:



Mudah bukan merubah hostname di Ubuntu Desktop maupun server, silakan mencoba dan semoga membantu :-)

Beberapa artikel terkait:

No comments: