Tutorial Install dan konfigurasi plugin monitor di cacti


Setelah sebelumnya saya konfigurasi Ubuntu Server agar cacti dapat diinstall plugin, maka tutorial kali ini saya akan menulis panduan instalasi salah satu plugin yaitu plugin monitor. Plugin ini berfungsi untuk memvisualisasikan device yang aktif atau pasif (down) dalam bentuk icon. Berikut tutorial tentang cacti sebelumnya yang mungkin bisa anda baca sebelum mengikuti panduan berikut ini:
  1. Cara install cacti aplikasi monitoring di Ubuntu Server
  2. Cara konfigurasi SNMP di Ubuntu Server sebagai cacti client
  3. Cara menambah monitoring host di cacti
  4. Tutorial monitoring media penyimpanan, penggunaan memory dan user login lewat cacti
  5. Cara konfigurasi SNMP di mikrotik
  6. Tutorial network monitoring mikrotik menggunakan cacti 
  7. Tutorial monitoring manajemen bandwidth queue tree dan simple queue di mikrotik menggunakan cacti
  8. Cara konfigurasi SNMP di windows 10
  9. Cara agar windows 10 bisa di ping
  10. Panduan monitoring jaringan windows 10 lewat cacti
  11. Monitoring media penyimpanan dan prosesor windows 10 lewat aplikasi cacti.
  12. Konfigurasi server cacti di Ubuntu server agar dapat di install plugin.
Langsung saja ya, langkah pertama, saya harus masuk dulu ke dalam server cacti melalui SSH. Setelah berhasil login ke dalam server, saya akan menuju folder /usr/local/share/cacti/plugins dengan perintah:

 cd /usr/local/share/cacti/plugins

kemudian saya akan mendownload plugin monitor milik cacti melalui link ini dari dalam server langsung dengan menjalankan perintah:

 sudo wget -c https://docs.cacti.net/_media/plugin:monitor-v1.3-1.tgz -O monitor.tgz

setelah proses download selesai, saya harus mengekstrak hasil download plugin tersebut dengan perintah:

 tar -xzvf monitor.tgz

dari situ saya akan mendapatkan satu folder baru bernama monitor yang bersi plugin dan script-scriptnya, langkah berikutny adalah, saya masuk ke dalam folder plugin tersebut dengan perintah:

 cd /usr/local/share/cacti/plugins/monitor

kemudian saya rename file monitor.php ke monitor.php.default melalui perintah:

 sudo mv /usr/local/share/cacti/plugins/monitor/monitor.php /usr/local/share/cacti/plugins/monitor/monitor.php.default

Setelah itu, saya download file monitor.php baru dari link ini.

Setelah selesai download kemudian saya ekstract. Dari hasil ekstrak tersebut saya akan mendapatkan file monitor.php yang baru.

Setelah itu saya upload dan masukkan ke dalam folder /usr/local/share/cacti/plugins/monitor/.

Kenapa saya perlu file monitor.php yang baru, dan bukan menggunakan file monitor.php dari plugin? Hal ini dikarenakan PHP yang saya gunakan di dalam Ubuntu Server 16.04 tersebut adalah PHP 7.x sedangkan script file monitor.php yang ada di dalam plugin monitor tersebut masih menggunakan PHP 5.x (berbeda versi) makanya saya ubah script monitor.php tersebut dengan file yang baru (hasil download tadi) yang lebih kompatibel dengan PHP 7.x. Oke? Lanjut ya..

Langkah selanjutnya adalah membuka strict query di dalam mysql server yang saya gunakan, anda bisa mengikuti tutorial berikut untuk membuka strict query:

Tutorial membuka strict query MySQL di Ubuntu Server

Setelah itu, baru saya bisa login ke dalam aplikasi cacti. Kemudian saya menuju menu Plugin Managements yang ada di sebelah kiri seperti berikut:


Melalui memu pluginManagement, saya bisa melihat list seluruh plugin yang tersedia di dalam aplikasi cacti seperti berikut ini:



dari tampilan di atas terlihat plugin monitoring yang barusan download, tetapi belum di install, untuk menginstallnya saya tinggal klik icon biru tersebut, lalu plugin tersebut akan otomatis berstatus terinstall seperti berikut ini:

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan plugin tersebut dengan menekan tombol hijau (tanda panah), jika sudah diinstall maka akan terlihat seperti berikut ini:

langkah berikutnya adalah setting tampilan dari aplikasi monitor tersebut, caranya saya klik menu settings di samping kiri:

lalu klik tabs misc di atas seperti berikut ini:


setelah itu buat konfigurasinya seperti ini:

simpan, lalu anda perhatikan tabs di jendela bagian atas akan muncul tabs dengan nama Monitor seperti berikut ini:

Silakan klik, maka akan tertampil seluruh devices yang On dan Off seperti berikut:

Jika anda ingin menampilkan devices ke dalam tabs Monitor, maka anda bisa lihat di bagian konfigurasi tiap-tiap devices akan muncul checkbox Monitor Host seperti tampilan di bawah ini:



Jika anda beri centang, maka akan tertampil dan terpantau devices tersebut di dalam Tabs Monitor. Mudah bukan? Silakan anda mencoba ya dan terima kasih telah berkunjung.

Oh iya ternyata Cacti juga mendukung monitoring latency jaringan seperti smokeping, berikut tulisan yang bisa anda baca untuk membuat monitoring latency jaringan di cacti.
Tutorial Install dan konfigurasi plugin monitor di cacti Tutorial Install dan konfigurasi plugin monitor di cacti Reviewed by Himawan Mahardianto on December 02, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.