Konfigurasi plugin cacti di ubuntu server 16.04


Masih melanjutkan seri cacti dan monitoring, kali ini saya ingin menuliskan panduan untuk konfigurasi plugin di cacti di Ubuntu Server. Aplikasi Cacti ini dibekali oleh berbagai plugin yang dapat di bongkar pasang untuk mempermudah kita dalam melakukan monitoring. 

Untuk macam-macam plugin dari aplikasi cacti dapat anda lihat melalui halaman berikut . Tetapi sebelum kita dapat menginstall plugin tersebut, kita harus melakukan sedikit konfigurasi di dalam Ubuntu server (lokasi aplikasi cacti diinstall) dikareakan bug #681558 di dalam aplikasi cacti yang diinstall di sistem operasi Debian dan turunannya.


Apabila anda belum membaca beberapa tutorial sebelumnya, anda bisa mengunjungi list tutorial berikut ini:
Berikut langkah-langkah konfigurasinya, pertama silakan masuk ke dalam server cacti, kemudian buat folder baru dengan perintah:

 sudo mkdir /usr/local/share/cacti/plugins

kemudian saya memindah seluruh isi dari dalam folder /usr/share/cacti/site/plugins/ ke dalam  folder /usr/local/share/cacti/plugins/ dengan perintah:

 sudo mv /usr/share/cacti/site/plugins/* /usr/local/share/cacti/plugins/

setelah itu saya akan menghapus folder di /usr/share/cacti/site/plugins dengan perintah:

 sudo  rm -rf /usr/share/cacti/site/plugins

kemudian saya membuat beberapa symlinks dengan perintah berikut:

 sudo ln -s /usr/local/share/cacti/plugins /usr/share/cacti/site/plugins
 sudo ln -s /usr/share/cacti/site/include /usr/local/share/cacti/include
 sudo ln -s /usr/share/cacti/site/lib /usr/local/share/cacti/lib

Cukup seperti itu saja konfigurasi yang perlu dilakukan di dalam server cacti, sebelum kita dapat menginstall plugin-plugin yang ada. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung.

Konfigurasi plugin cacti di ubuntu server 16.04 Konfigurasi plugin cacti di ubuntu server 16.04 Reviewed by Himawan Mahardianto on December 01, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.