Cara mengaktifkan SSH di Windows 10


Dulu ketika kita ingin meremote server linux menggunakan aplikasi SSH dari sistem operasi Windows, kita harus menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti PuTTY. Sekarang setelah ada update terbaru, sistem operasi Windows 10 sudah memiliki aplikasi SSH. SSH? ya anda tidak salah baca, Windows sekarang sudah memiliki aplikasi SSH (client dan server) sendiri, bukan pihak ketiga.

Berikut beberapa tutorial SSH yang pernah saya tulis sebelumnya:
  1. cara remote login ke ubuntu server dengan SSH
  2. cara memperbaiki failed remote host identification
  3. file transfer menggunakan aplikasi SSH dan MC
  4. cara remote login dengan ssh tanpa password
  5. cara membatasi hak akses login melalui SSH di Ubuntu Server
  6. fungsi remote host identification di SSH 
  7. mengaktifkan user root pada remote login SSH

Lalu bagaimana cara mengaktifkan aplikasi built in SSH di windows 10? Anda harus melakukan update terakhir dari windows 10 anda, kalau tidak salah update seri KB4054517:




untuk mengaktifkan aplikasi SSH tersebut, anda harus mengaktifkan developer mode di Setting-> Update & Security ->For Developers lalu klik opsi Developer Mode seperti pada gambar di bawah ini:




Setelah itu, silakan menuju menu Settings->Apps dan klik menu Apps & Feature yang ada di sebelah kiri, lalu klik menu Manage Optional features:


Setelah itu, anda akan diberi list aplikasi apa yang telah aktif di dalam sistem operasi Windows 10 milik anda seperti di bawah ini:

Untuk mengaktifkan aplikasi SSH Server dan SSH Client, anda tinggal klik menu Add Feature di atas, setelah itu anda akan diberikan list feature apa saja yang akan diaktifkan seperti pada gambar di bawah ini:


Cari aplikasi OpenSSH Client dan OpenSSH Server di menu aplikasi, lalu klik INSTALL, jika berhasil diinstall, maka akan nampak proses instalasi seperti di bawah ini:





Selesai install, anda langsung bisa menggunakan aplikasi SSH tersebut melalui command prompt, lokasi aplikasi SSH berada di folder C:\Windows\system32\
Untuk masuk ke sana, silakan jalankan perintah berikut ini di command prompt:


 cd C:\Windows\system32\

Untuk menggunakan ssh dan melihat opsinya, anda bisa menjalankan perintah:


 ssh.exe [alamat_server]

atau

 ssh.exe 

seperti yang nampak pada gambar di bawah ini:



Mudah bukan, selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)
Cara mengaktifkan SSH di Windows 10 Cara mengaktifkan SSH di Windows 10 Reviewed by Himawan Mahardianto on December 19, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.