Remote Login ke Ubuntu Server/Desktop dengan SSH

Bagi seorang system administrator, ada kalanya dia tidak selalu berada di dekat server yang dia kelola (karena kita umumnya ada di kantor 8 jam sehari 5 hari seminggu). Mungkin saja saat terjadi masalah pada server, sang admin berada di lokasi yang jauh dari kantor atau ruang server. Untuk mengatasi hal tersebut, seorang sistem administrator dapat menggunakan berbagai aplikasi remote, seperti Remote Admin, Team Viewer, VNC, Remote Desktop Connection dan lain-lain untuk menyelesaikan masalah di server dari jarak jauh melalui aplikasi-aplikasi tersebut. 

Akan tetapi aplikasi-aplikasi yang barusan saya sebutkan tersebut hanya dapat bekerja di lingkungan desktop atau sistem operasi yang memiliki Graphical User Interface (Antarmuka Grafik). Lalu bagaimana untuk server Linux (Ubuntu) yang umumnya hanya berbasis teks?. Jangan takut, untuk aplikasi remote di Server yang berbasis text (terutama Linux Server), kita bisa menggunakan aplikasi telnet atau SSH. 

Untuk aplikasi telnet, sebenarnya tidak begitu saya rekomendasikan karena aplikasi telnet tidak memiliki sistem enkripsi, sehingga data-data komunikasi yang dikirimkan antara sistem administrator dengan server yang di remote tersebut berupa clear text. Akan sangat berbahaya apabila koneksi tersebut disadap oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Data-data yang dikirimkan tersebut dapat dibaca secara langsung oleh manusia karena tidak diacak dengan enkripsi oleh aplikasi telnet. Bayangkan saja saat anda login, maka user dan password anda akan langsung dibaca oleh si penyadap. 

Lain halnya dengan SSH (Secure SHell). Aplikasi SSH ini menggunakan teknologi enkripsi sebelum data dikirimkan via jaringan/remote. Sehingga si penyadap tidak akan tahu data apa yang dikirimkan karena data tersebut sudah diacak oleh sistem enkripsi. Walaupun dapat dibaca, isi data tersebut biasanya berisi huruf dan angka atau karakter yang telah diacak dari isi data sebenarnya.

Untuk melakukan remote login, maka harus ada dua aplikasi  yang berkomunikasi, satu aplikasi penyedia koneksi remote (sebagai pintu masuk) dan satunya adalah aplikasi klien yang digunakan untuk melakukan remote (sebagai kunci untuk masuk). Aplikasi untuk remote di Linux(Ubuntu) Server adalah aplikasi Open SSH Server. Sedangkan aplikasi untuk klien (orang yang akan melakukan remote) menggunakan aplikasi SSH client. Aplikasi SSH client umumnya sudah terinstall otomatis di sistem operasi Ubuntu Desktop, sedangkan untuk pengguna windows bisa menggunakan aplikasi PuTTY. Berikut langkah-langkah install aplikasi open SSH Server di Ubuntu Server 12.04 dan cara remote login dari klien ubuntu.

1. Silakan login ke server ubuntu anda dengan username dan password yang ada di server tersebut tentunya (kalau pake username dan password yang belum terdaftar disitu, pastinya akan ditolak :P).

2. Setelah login silakan lihat apakah aplikasi server ssh sudah terinstall di server dengan menjalankan perintah berikut:

 sudo dpkg -l |grep ssh

3. Apabila telah tertampil seperti gambar di bawah ini:


huruf   "ii"   di depan nama openssh-server artinya aplikasi tersebut sudah terinstall di server ubuntu anda. 

Apabila belum terinstall anda bisa melakukan instalasi aplikasi open ssh server dengan menjalankan perintah di bawah ini:

  sudo apt-get install openssh-server nmap

4. Jika sudah terinstall anda bisa cek apakah server ssh tersebut sudah aktif dan siap menyediakan layanan remote login anda dengan menjalankan perintah di bawah:

  nmap localhost

Sehingga akan muncul tampilan yang mirip dengan gambar di bawah:


Anda melihat bahwa port 22 open, itu pertanda bahwa server anda siap untuk melayani anda secara remote. Jikalau belum ada, anda bisa menjalankan perintah di bawah ini untuk mengaktifkan layanan tersebut:

 sudo service ssh start

5. Langkah berikutnya anda sebagai klien, jika menggunakan sistem operasi windows, anda bisa mendownload aplikasi PuTTY di internet. Kemudian jalankan aplikasi tersebut sehingga akan tertampil seperti pada gambar di bawah:

asumsi saya, anda sudah mengethaui alamat IP server yang akan anda tuju, apabila belum melakukan penyettingan alamat IP di server, anda bisa melihat tulisan saya sebelumnya tentang cara konfigurasi alamat IP di link ini.

6. Silakan masukkan nama user dan alamat IP di bagian hostname dengan format [email protected]_ip , misalnya [email protected] , jika terkoneksi maka akan muncul prompt untuk memasukkan password.

Silakan masukkan password anda dan voila?! anda sudah masuk ke sistem server anda secara remote.

7. Jika anda menggunakan Ubuntu desktop sebagai klien, maka periksa dulu di apakah aplikasi ssh klien sudah terinstall di desktop melalui console/terminal anda dengan perintah:

 dpkg -l |grep openssh

apabila muncul baris seperti di bawah ini:
ii  openssh-client                            1:6.1p1-4                              amd64        secure shell (SSH) client, for secure access to remote machines
maka ubuntu desktop anda sudah dapat melakukan remote ke server yang melayani layanan ssh-server, dengan menjalankan perintah:

 ssh [email protected]_ip

masukkan password anda dan voila?! anda sudah masuk ke dalam server anda secara remote.

Selamat mencoba :P


Remote Login ke Ubuntu Server/Desktop dengan SSH Remote Login ke Ubuntu Server/Desktop dengan SSH Reviewed by Himawan Mahardianto on October 11, 2013 Rating: 5

13 comments:

Dila nur said...

Ok, Min kalau disisi windows sebagai server bagaimana pengaturannya?

Himawan Mahardianto said...

maaf gan, kalo di windows saya kurang tahu, terus terang saya belum pernah make winwos untuk server, maaf ya

Wahyu Atmaja said...

Saya maafkan Gan segala dosa dan salah mu .. hahahahaahaha :D

Danny gotama said...

misi gan kalau mau buka atau jalankan browser firefox dari ubuntu server 12.04 lts harus install ssh juga?

Himawan Mahardianto said...

firefox dan ssh aplikasi yang berbeda gan, kalau mau buka firefox ya install firefox dulu gan

ari santoso said...

ane coba di ubuntu server dan clientnya ubuntu juga, setelah login ke ssh minta password, ane masukin password admin server tp ga berhasil masuk, knp ya gan?

Himawan Mahardianto said...

apakah user-nya root? setahu saya, jika user root di ubuntu belum diaktifkan, maka belum bisa digunakan untuk login

acc bully said...

maksud nya user root belum diaktif kan gimana gan, cara aktifin nya kan kek " sudo su " kan ?

Himawan Mahardianto said...

melalui perintah "sudo su" memang bisa masuk ke user root gan, tapi kan sebelum perintah tersebut dijalankan, anda harus masuk dulu sebagai user biasa baru bisa menjalankan perintah tersebut, tapi kalau awal login user yang anda pake adalah root kan belum bisa, makanya harus diaktifkan dulu, begitu maksud saya

Stichh Arma said...

Gmn cara ngaktifinnya gan?

Network99 said...


Mantap..Terima kasih pencerahannya

Anonymous said...

Om, ane kan lagi nyobain remote ya, tp masih menggunakan provider yg sama dg koneksi via wifi, bisa konek. Nah ketika saya berada ditempat yg berbeda, dg koneksi (provider) yg berbeda, tidak bisa konek. Kira2 kenapa ya om..? Client menggunakan ubuntu desktop dan android.

ide koplak said...

Untuk android menggunakan connectbot, kendalanya jg sama, ketika mau remote menggunakan koneksi dari mobile data tidak mau konek. Tp kalau menggunakan koneksi yg sama dg servernya, bs masuk.

Powered by Blogger.