Tutorial network monitoring mikrotik menggunakan cacti




Tutorial ini adalah urutan dari beberapa tutorial sebelumnya yang terdiri dari:
Melanjutkan tutorial nomer 5 tersebut, sekarang pada tutorial ini akan dibahas bagaimana menambahkan mikrotik untuk di monitoring di aplikasi cacti. Untuk topologinya adalah sebagai berikut:


Jadi mikrotiknya berada di beda network dengan server cacti, sebelum bisa ditambahkan ke dalam cacti untuk di monitoring, pastikan dulu si cacti server bsa menghubungi si switch melalui test ping. Setelah bisa dipastikan bisa berkomunikasi, maka saya akan mulai melakukan konfigurasi di cactinya untuk mneambahkan si mikrotik.

Langkah pertama tentu saja saya harus login ke dalam aplikasi cacti, kemudian di menu sebelah kiri saya pilih devices:



sehingga muncul list devices apa saja yang sudah masuk:


kemudian saya pilih menu Add di pojok kanan atas, pada tabel Devices:

setelah itu saya masukkan konfigurasi untuk menambah devices mikrotik seperti di bawah ini:


kemudian klik tombol create, jika berhasil, maka akan ada notifikasi di atas seperti berikut:


Setelah itu saya akan bikin grafik monitoringnya dengan memilih menu Create Graph for this Host di pojok kanan atas, lalu saya diarahkan ke halaman berikut ini:


dari gambar di atas, terlihat seluruh interface milik mikrotik, setelah saya memilih beberapa interface yang akan saya monitoring, saya kemudian menekan tombol create di pojok kanan bawah. Jika berhasil dibuat grafik monitoringnya akan muncul notifikasi seperti berikut:


Setelah itu, saya akan membuat grafik Tree baru, untuk menampung dan memisahkan grafik monitoring dari sebelumnya, caranya? Saya klik menu Graph Trees di sebelah kiri:


Setelah itu saya melihat list Graph Trees yang telah dibuat sebelumnya:


Kemudian saya klik Add untuk menambah Tree directory baru:


Saya beri nama switch, kemudian klik create seperti yang terlihat pada gambar di atas, setelah berhasil akan terlihat notifikasi seperti berikut:

Lalu pada bagian tree items (gambar di atas) saya klik menu add, kemudian diarahkan ke windows konfigurasi berikut:

Saya buat sesuai dengan konfigurasi di atas, kemudian saya klik create. Jika berhasil akan muncul list device berikut di bawah:

Setelah itu saya klik save dan saya klik tab graphs dibagian atas, maka akan terlihat seperti berikut:


kemudian saa klik bagian switch-> Mikrotik, maka setelah menunggu beberapa saat akan terlihat grafik monitoring seperti berikut:


yup, tutorial konfigurasi network monitoring mikrotik di aplikasi cacti sudah selesai mungkin di tutorial selanjutnya akan saya bahas bagaimana caranya konfigurasi cacti untuk menampilkan monitoring bandwidth queue tree di mikrotik. Selamat mencoba dan semoga membantu.
Tutorial network monitoring mikrotik menggunakan cacti Tutorial network monitoring mikrotik menggunakan cacti Reviewed by Himawan Mahardianto on November 27, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.