Merubah hak akses file di Linux


Seperti yang sudah saya janjikan di artikel sebelumnya yang berjudul "Aturan hak akses dan kepemilikan file di Linux", pada tulisan kali ini saya akan  membahas bagaimana melakukan perubahan hak akses suatu file.

Mari kita mulai saja, katakanlah saya akan membuat file contoh.txt yang saya simpan di lokasi di /home/test/contoh.txt.

1. Saya akan membuka terminal, kemudian saya jalankan perintah:

 vim contoh.txt

lalu tekan "i" untuk masuk ke mode WRITE, dan sebagai contoh saya menuliskan text seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


setelah itu, saya menekan tombol ESC lalu diikuti tombol :wq untuk keluar dari aplikasi vim.

2. Silakan anda jalankan perintah "ls -l |grep contoh" di terminal tanpa tanda petik, sehingga anda akan melihat tampilan yang mirip seperti pada gambar di bawah:


disitu anda melihat bahwa file contoh.txt dimiliki oleh user test dan seluruh anggota grup coba1.
Ket:
  • User test memiliki hak akses file untuk membaca dan menulisi file contoh.txt.
  • Seluruh user anggota grup coba1 hanya dapat membaca isi file tersebut dan tidak dapat merubah isi file contoh.txt
  • Others (semua user selain user test dan user yang tidak termasuk dalam grup coba1) hanya dapat membaca isi file dan tidak dapat merubah isi file contoh.txt
Lalu saya berkeinginan untuk merubah hak akses file tersebut dengan maksud hanya dapat di baca oleh user test saja ( - r- -   - - -   - - - ), jika hak akses tersebut di ubah dalam bentuk biner menjadi:

 - r-- --- --- (mode akses)
 - 100 000 000 (biner)
 -   4   0   0 (desimal)

sehingga di terminal saya menjalankan perintah:

 chmod 400 contoh.txt

*angka 400 merupakan nilai terpisah satu sama lain sehingga tidak dibaca empat ratus tetapi empat kosong kosong.
untuk mengeceknya silakan anda jalankan perintah:

 ls -l |grep contoh.txt

sehingga akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini:


Jika anda belum mengerti bagaimana caranya mengubah atau mentransformasikan bilangan biner ke desimal atau sebaliknya (desimal ke biner) maka saya sarankan anda membaca artikel saya sebelumnya dengan judul "Transformasi bilangan biner - desimal".

Mari kita coba untuk mengubah isi file contoh.txt menggunakan aplikasi vim yang hak aksesnya telah kita rubah barusan. Jika anda buka fle contoh.txt tersebut maka anda akan menjumpai keterangan [read only] yang berada di bawah layar. Itu berarti anda tidak bisa merubah isi file seperti yang tertampil pada gambar di bawah ini:


Jika anda ingin merubah file tersebut dapat di baca dan di tulisi oleh semua user, maka ada bisa merubahnya ke mode -rw- rw- rw- sehingga jika di terjemahkan:

 -rw- rw- rw-  (mode akses)
 -110 110 110  (biner)
 -  6   6   6  (desimal)

maka perintah yang harus anda jalankan adalah:

 chmod 666 contoh.txt

kita lihat lagi hasilnya dengan perintah:

 ls -l |grep contoh


jika anda mendapati tampilan yang mirip seperti pada gambar di bawah, maka anda telah berhasil mode akses pada file contoh.txt tersebut:


Bagaimana, mudah bukan? Silakan anda mencobanya sendiri. Pada artikel selanjutnya, saya akan menuliskan bagaimana melakukan manipulasi hak akses sebuah folder beserta isinya. Semoga membantu :)

Artikel-artikel terkait:

Merubah hak akses file di Linux Merubah hak akses file di Linux Reviewed by Himawan Mahardianto on November 13, 2013 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.