Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Sunday, January 01, 2017

Tutorial membangun FTP Server tanpa password di Ubuntu Server


Sesuai janji saya sebelumnya kali ini saya akan membahas bagaimana membangun layanan FTP server tanpa password yang bisa melayani aktifitas upload dan download. Tutorial ini hanya meneruskan tutorial sebelumnya yang berada di:

Cara install FTP Server di Ubuntu
Tutorial membangun Read Only FTP Server tanpa password di Ubuntu

Jika sebelumnya FTP server yang saya bangun hanya bisa melakukan aktifitas download, maka saya akan membuka akses upload bagi semua user yang belum terdaftar sebagi pengguna layanan. Walaupun sebenarnya tidak disarankan untuk membuka layanan upload pada FTP Server yang dapat diakses tanpa password. Mari kita mulai konfigurasinya, sebelumnya matika dulu layanan FTP Server dengan menjalankan perintah:

 sudo service vsftpd stop

kemudian buka konfigurasi vsftpd.conf dengan menjalankan perintah:

 sudo vim /etc/vsftpd.conf 

kemudian tambahkan konfigurasi di bawah:

 anonymous_enable=YES
 write_enable=YES
 anon_upload_enable=YES
 anon_mkdir_write_enable=YES 

simpan, kemudian saya akan membuat sebuah folder dengan nama data yang nanti berfungsi untuk menaruh file-file yang akan diupload oleh anonymous user yang berlokasi di /srv/ftp/ dengan menjalankan perintah:

 sudo mkdir /srv/ftp/data/ 

kemudian saya akan ubah hak kepemilikan folder tersebut dengan perintah:

 sudo chown ftp:ftp /srv/ftp/data/ 

kemudian saya akan jalankan layanan FTP Server dengan perintah:

 sudo service vsftpd start

setelah itu saya mencoba akses FTP server yang beralamat 192.168.56.100 dari aplikasi Filezilla, sehingga terlihat seperti berikut:


jika berhasil login akan nampak tampilan Filezilla seperti berikut:


kemudian pada bagian remote site, anda bisa lihat di gambar bahwa ada folder data disitu, silakan klik dua kali untuk masuk ke dalam folder data:

setelah masuk ke dalam folder data, maka silakan lihat bagian sebelah kiri (Local Site) untuk mencoba upload salah satu file dengan cara mengeklik kanan file yang akan di upload kemudian klik upload, seperti gambar di bawah:


dari gambar di atas, saya mencoba mengupload sebuah file Document dengan nama Data 1986. Setelah klik Upload, maka file dokumen tersebut tertransfer ke dalam FTP Server sehingga di remote site terlihat seperti berikut:


mudah bukan membuka akses upload data ke FTP server tanpa password, hanya saja perlu anda ketahui bahwa anda hanya bisa mengupload file atau membuat folder baru di dalam FTP Server sebagai anonymous, tetapi anda tidak bisa menghapus apa yang sudah anda upload. Karena yang bisa menghapus apa yang anda upload  adalah administrator sistem FTP Server, jadi hati-hati ya.

Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

No comments: