Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Friday, December 30, 2016

Tutorial install FTP Server di Ubuntu Server


Melalui tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana caranya membangun layanan FTP di dalam Ubuntu Server. Apa itu FTP ? FTP adalah kepanjangan File Transfer Protocol, yaitu protocol yang berfungsi untuk melayani transfer file antara komputer lewat jaringan. 

Komputer yang membuka layanan File Transfer tersebut disebut sebagai FTP Server, sedangkan komputer yang menggunakan layanan tersebut (melakukan aktifitas upload dan download) disebut sebagai FTP Client. Umumnya FTP Server akan membuka port 21 untuk melayani kliennya. Jadi komunikasi antara klien ke server baik itu aktifitas upload dan download akan dilayani melalui port 21.

Layanan yang disediakan FTP Server ada dua tipe, yaitu layanan terbuka dan layanan terbatas, berikut penjelasannya:
  • Layanan terbuka disini yang saya maksud adalah setiap klien (anonymous) dapat menggunakan layanan FTP (aktifitas upload dan download) tanpa harus memiliki user di dalam FTP server.
  • Layanan terbatas yang saya maksud pada FTP Server disini adalah setiap pengguna FTP Server harus terdaftar (Authenticated) terlebih dahulu sebelum dapat melakukan aktifitas upload dan download atau menggunakan layanan di dalam FTP Server.
Untuk lebih jelasnya saya akan menuliskan tutorial disini bagaimana caranya membangun FTP Server di dalam sistem operasi Ubuntu Server. Aplikasi FTP Server yang saya gunakan di dalam Ubuntu Server adalah VSFTPD. Pertama saya harus menginstall terlebih dahulu aplikasi vsftpd dengan menjalankan perintah:

 sudo apt-get install vsftpd

perintah di atas digunakan untuk menginstall aplikasi vsftpd yang berfungsi sebagai FTP Server. setelah selesai install saya akan mengecek apakah layanan FTP server sudah aktif atau belum dengan menjalankan perintah di bawah:

 sudo service vsftpd status

perintah di atas digunakan untuk mengecek apakah layanan FTP Server yang disediakan aplikasi vsftp sudah aktif atau belum. Jika terlihat seperti di bawah ini, berarti layanan FTP Server anda sudah aktif hanya saja belum siap digunakan:
dari gambar di atas, diketahui bahwa aplikasi vsftpd berjalan dengan id proses 1343. Untuk menghentikan layanan FTP server saya cukup menjalankan perintah:

 sudo service vsftpd stop

kemudian untuk mengecek status apakah layanan FTP server berhasil dihentikan, maka saya kembali menjalankan perintah di bawha untuk melihat aktif tidaknya layanan FTP Server:

 sudo service vsftpd status

maka hasilnya akan terlihat seperti di bawah:


dari situ anda dapat melihat bahwa proses ID vsftpd sudah tidak ada, itu berarti layanan FTP Server sudah tidak diaktifkan, sehingga layanan FTP server tidak dapat digunakan. Untuk menghidupkan kembali layanan FTP Server, saya tinggal menjalankan perintah:

 sudo service vsftpd start

untuk mengecek apakah layanan FTP Server sudah aktif, saya menjalankan perintah:

 sudo service vsftpd status

maka hasilnya seperti di bawah ini:


dari tampilan di atas, maka terlihat bahwa layanan FTP Server sudah aktif kembali dengan proses ID 1941, berbeda dengan proses ID sebelumnya yang ber ID 1343, itu karena sebelumnya layanan FTP Server telah dimatikan dan dihidupkan. Mudah bukan melakukan install FTP Server, selamat mencoba ya. Nanti di tutorial selanjutnya akan saya bahas bagaimana melakukan manajemen user yang mengakses FTP Server.

No comments: