Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Monday, May 19, 2014

Tutorial manajemen user (menambah user dan menghapus user) di Ubuntu Desktop 14.04 LTS

Jika pada artikel sebelumnya saya pernah menuliskan tutorial tentang bagaimana menambah user dan bagaimana menghapus user melalui terminal, maka pada artikel kali ini saya akan menuliskan bagaimana memanajemen user sistem (menambah dan menghapus user) di Ubuntu desktop. Kenapa dulu saya tidak langsung menuliskan tutorial bagaimana memanajemen user di Ubuntu desktop langsung? Malahan lewat terminal yang susah, maksud saya sebenarnya agar, pembaca tahu, bahwa manajemen user yang digunakan lewat terminal bisa digunakan di berbagai versi Ubuntu, dari versi lama hingga sekarang, versi desktop maupun versi server serta dapat digunakan di beberapa distro lainnya, seperti Linux Mint, Debian dan beberapa lainnya. Dan juga perlu anda ketahui bahwa tampilan antarmuka di aplikasi manajemen user yang digunakan di Ubuntu Desktop sebenarnya dibalik itu sistem menjalankan perintah yang ada di terminal sehingga terkesan lebih mudah digunakan oleh orang awam. Masih penasaran? Langsung saja saya mulai langkah-langkah tutorialnya di bawah ini:

Pertama-tama silakan tekan tombol unity bar di pojok kiri atas, lalu ketikkan kata “accou” sehingga system memunculkan beberapa opsi yang terlihat seperti di bawah ini:


Klik aplikasi account yang muncul, maka tampilan aplikasi untuk melakukan manajemen akun akan terlihat seperti di bawah ini:


Dari gambar di atas, terlihat bahwa terdapat dua buah akun yang ada di komputer, akun yang pertama adalah himawan, lalu akun kedua bernama test.

Sebagai percobaan saya akan menghapus akun test terlebih dahulu, untuk melakukan penambahan atau penghapusan sebuah akun, anda harus berstatus sebagai administrator system sebagai syaratnya. Silakan klik bagian pojok kanan, logo unlock, seperti yang tertampil pada gambar di bawah ini untuk mengaktifkan hak akses administrator pada akun anda:


Setelah di klik anda akan diminta memasukkan password milik akun anda untuk dilakukan otentikasi seperti pada gambar di bawah:


Jika berhasil diotentikasi, maka logo unlock, tadi akan berubah menjadi berstatus lock seperti pada gambar di bawah:


Itu berarti anda sudah berhasil membuka hak akses untuk memanajemen akun di dalam sistem. Jika anda ingin mengunci hak akses administrator tersebut, silakan klik tombol lock tersebut kembali.

Mari kita lihat jendela sebelah kiri di aplikasi manajemen akun tersebut, dari gambar di bawah, silakan pilih akun yang akan dihapus, pada gambar di bawah saya memilih akun test yang akan saya hapus:

Setelah dipilih, saya akan memencet tombol minus ( - ) untuk menghapus akun test, lokasi tombol minus ( - ) berada di sebelah tombol plus ( + ) di bawah. Setelah ditekan tombol minus tersebut, anda akan diminta untuk memilih opsi penghapusan akun seperti di bawah:


Apakah anda akan menghapus file di dalam folder home akun yang akan dihapus, atau akan menyimpan file-file tersebut setelah akun dihapus, saya memilih untuk menghapus file milik akun yang akan dihapus, maka saya memilih opsi delete files.

Setelah akun test dihapus, maka tampilan sebelah kiri tadi hanya menyisakan satu user, yaitu user himawan yang sedang saya pakai seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Untuk informasi akun himawan ditunjukkan pada windows sebelah kanan seperti yang ditampilkan pada gambar di bawah:


Dari gambar tersebut, diketahui bahwa user himawan berstatus administrator system. Untuk menambah user baru pada sistem, saya tinggal menekan tombol + (plus), kemudian akan ditampilkan window baru untuk mengisi detail informasi user baru yang akan dimasukkan seperti di bawah:


Saya kemudian mengisi nama user baru tersebut dengan nama lengkap Uji Coba, lalu nama yang akan digunakan untuk login adalah ujicoba dan tipe akun standart (bukan administrator) seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Setelah selesai dibuat maka, akan terlihat sebuah akun baru di jendela samping kiri tersebut seperti yang terlihat pada gambar di bawah:


Untuk detail informasi akun uji coba tersebut ditampilkan pada informasi di window sebelah kanan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Dari detail informasi akun uji coba dari gambar diatas, diketahui bahwa akun uji coba tersebut belum bisa digunakan untuk login ke dalam sistem, karena belum memiliki password, hal tersebut dapat diketahui dari status nya yang berisi account disabled. Untuk mengaktifkannya, silakan klik pada tulisan account disabled tersebut untuk memasukkan password melalui windows yang muncul seperti di bawah ini:


Silakan isi dua kali password yang anda inginkan, lalu klik change untuk menyimpannya. Jika berhasil, maka status akun Uji coba akan berubah seperti pada gambar di bawah:


Apabila sudah terlihat seperti di atas, maka akun uji coba tersebut sudah dapat digunakan untuk login ke dalam sistem Ubuntu Desktop anda dengan hak akses standart (tidak memiliki kewenangan untuk manajemen user, manajemen aplikasi dan lain-lain).

Mudah bukan melakukan manajemen user di Ubuntu Desktop, mungkin bisa dibilang sudah semudah melakukan managemen user di windows XP seingat saya. Bagaimana? Tertarik untuk mengeksplorasi Ubuntu lebih lanjut? Silakan ikuti terus tutorial selanjutnya di website www.newbienote.com ini, terima kasih telah berkunjung :-)

Beberapa artikel terkait:

No comments: