Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Thursday, October 10, 2013

Menambahkan emoticon Yahoo! Messenger di Pidgin

Apa itu pidgin? mungkin banyak yang belum tahu dengan aplikasi pidgin. Aplikasi Pidgin ini adalah aplikasi messenger yang digunakan sebagai alternatif yang saya gunakan sebagai pengganti Yahoo messenger di sistem operasi Linux, karena aplikasi Yahoo! messenger tidak menyediakan installer untuk sistem operasi linux desktop sepengetahuan saya. Sebenarnya aplikasi Pidgin sendiri tidak hanya mendukung chat protokol untuk Yahoo! saja, ada beberapa chat protokol lainnya yang di dukung, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:
Akan tetapi pada kesempatan kali ini, saya hanya ingin menuliskan tips bagaimana caranya menambahkan emoticon Yahoo! messenger tersebut ke dalam aplikasi Pidgin. Karena menurut saya, emoticon Yahoo! lebih hidup dan menarik dibanding emoticon bawaan Pidgin itu sendiri, apalagi saya menggunakan aplikasi Pidgin tersebut juga untuk berkomunikasi dengan pengguna chat messenger Yahoo! lainnya. Berikut langkah-langkahnya:

1. Anda harus sudah menginstall aplikasi Pidgin di desktop Linux anda, disini saya menggunakan aplikasi Pidgin ver. 2.10.7 di Ubuntu Desktop 13.04 (Raring Ringtail).

2. Anda bisa mendownload emoticon Yahoo! di link berikut. 

3. Ekstract dulu hasil download anda ke dalam folder yahoo/

4. Lalu kopi hasil downloadan dalam folder yahoo ke /home/user_anda/.purple/smileys/

5. Pada aplikasi pidgin (diumpamakan anda sudah melakukan penambahan akun untuk Yahoo! di pidgin) pilih Tools -> Preferences. Maka akan muncul seperti yang tertampil pada gambar di bawah:


 6. Pilih bagian Themes, kemudian pada bagian Smiley Theme pilih Yahoo! Smileys, seperti yang tertampil pada gambar di bawah:


7. Silakan pilih dan coba gunakan emoticon anda saat chat, maka tampilannya akan seperti yang tampak pada gambar di bawah ini:


Selamat mencoba ;)