Membuat container dengan docker compose di Ubuntu Server - Tutorial docker 05

Halo selamat datang di website ini, masih membahas tentang docker kali ini saya akan menuliskan cara bagaimana membuat sebuah container dengan docker compose. Docker compose adalah cara membuat sebuah container yang menggunakan file composer. Berbeda dengan sebelumnya dimana saya membuat container dengan menjalankan perintah satu per satu di terminal, melalui docker compose kita hanya perlu menjalankan satu buah perintah saja untuk membaca file composer maka akan tercipta container yang kita inginkan tersebut. 

Kelebihan dari menggunakan docker compose ini adalah file composer yang kita buat bisa kita pindahkan ke server docker lainnya, selain itu dari file composer tersebut kita bisa membuat container sekaligus dokumentasinya. 

Langsung saja kita mulai langkah-langkah pembangunan container dengan docker compose. Perlu anda ketahui server docker yang saya pakai menggunakan Ubuntu Server 22.04 yang sudah terinstall docker sebelumnya. 

Instalasi Docker Compose

Docker composer sendiri adalah sebuah tool terpisah dari docker engine yang kita pakai, jadi  sebelum kita bisa menggunakan docker compose di server docker, kita harus menginstall aplikasi atau tools docker composer terlebih dahulu. Untuk menginstall tool docker composer tersebut, saya menjalankan perintah:

berikut ini tampilan proses instalasi docker composer:


Jika anda mendapati keluaran yang mirip dengan tampilan di atas pada server anda, itu berarti anda berhasil menginstall tools docker-compose di dalam komputer Ubuntu Server anda.

Konfigurasi file compose.yaml

Selesai instalasi langkah berikutnya adalah pembuatan file composer yang berformat yaml, sebelum saya membuat file composer tersebut, saya akan membuat folder dengan nama mysql-docker untuk menyimpan atau menaruh file composer tersebut. Untuk membuat folder mysql-docker saya menjalankan perintah:

setelah itu saya membuat file compose.yaml dengan perintah:

perintah di atas akan membuat sebuah file dengan nama compose.yaml dengan aplikasi editor vim yang nantinya akan disimpan di dalam folder mysql-docker. Langkah berikutnya adalah mengisi file compose.yaml tersebut dengan konfigurasi di bawah ini:

setelah file berhasil disimpan, saya keluar dari aplikasi editor vim.

Pembuatan container dengan docker-composer

Langkah berikutnya adalah pembuatan container dengan file composer tadi memalui bantuan aplikasi docker compose. Sebelumnya saya harus masuk dulu ke dalam folder mysql-docker dengan perintah:

setelah berhasil masuk saya kemudian menjalankan aplikasi docker-compose dengan format berikut ini

apabila proses pembuatan container berjalan lancar maka anda akan mendapati proses seperti di bawah ini:

Proses di atas adalah penarikan image yang dibutuhkan dalam pembuatan container berdasarkan konfigurasi file compose.yaml. Jika proses pembuatan container berjalan lancar maka anda akan mendapati tampilan yang mirip dengan keluaran di bawah ini:


Untuk memastikan apakah container yang saya buat tadi berhasil dan aktif atau tidak, maka saya akan menjalankan perintah:

dan hasilnya adalah seperti ini:

dari tampilan di atas ini terlihat bahwa container yang dibuat dengan docker compose telah aktif berjalan dengan nama mysql-docker-db-1. Sebagai informasi tambahan dengan docker compose ini kita juga bisa membuat multi container, selain itu ketika kita membuat container dengan docker compose, secara otomatis kita juga membuat network virtual baru yang fungsinya untuk komunikasi antar container dari hasil instalasi file composer tersebut. 

Untuk melihat network virtual tersebut saya cukup menjalankan perintah:

hasilnya adalah seperti ini:


Dari gambar di atas terlihat bahwa ada network baru dengan nama mysql-docker_default dari hasil pembuatan via composer tadi. Tutorial selanjutnya saya akan coba membahas bagaimana caranya membuat multi container dari file composer atau melakukan management network virtual di docker. Sekian tutorial kali ini selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung. 

Comments