Cara install MySQL 8 di Ubuntu Server 22.04 dengan Docker - Tutorial Docker 04

Tutorial kali ini saya masih akan membahas tentang docker dan container, hanya saja perbedaan dengan sebelumnya pada tutor ini adalah implementasi container untuk layanan database MySQL. Jadi saya akan membangun layanan database server dengan MySQL melalui container docker di atas Ubuntu Server.  Karena ini meneruskan seri tutorial sebelumnya, maka saya sudah menginstall aplikasi Docker di system Ubuntu Server saya jadi langkah instalasi docker tidak saya ulangi disini. Langsung saja berikut ini step-step menginstall MySQL server menggunakan docker:

Pertama saya akan masuk ke dalam terminal Ubuntu Server, kemudian saya akan menarik images MySQL server di dalam docker dengan perintah:

hasilnya adalah seperti berikut ini:


setelah selesai penarikan image MySQL server, saya bisa cek hasil download image tersebut dengan perintah:

berikut ini tampilan hasil penarikan image MySQL tadi:


di repository docker pad alokal server sudah ada image MySQL id dengan ID: 99afc808f15b yang artinya image docker MySQL berhasil di unduh. Langlah berikutnya adalah mengaktifkan layanan database MySQL dengan image tersebut melalui pembuatan container. Container MySQL tersebut akan saya beri nama mysql-docker. Maka saya cukup menjalankan perintah:

dari perintah tersebut akan muncul keluaran yang mirip dengan hasil di bawah:


jika container berhasil dibuat dan diaktifkan, maka akan terlihat statusnya di container monitor, untuk melihat apakah benar mysql server container yang barusan saya buat itu berjalan (aktif) maka saya menjalankan perintah:


berikut ini hasilnya:


perhatikan pada kolom STATUS dan CREATED , ada keterangan Up 2 minutes, yang artinya layanan MySQL dari container berhasil dibuat dan sudah aktif sejak 2 menit tadi. 

Untuk mengetest apakah benar layanan MySQL berhasil berjalan, saya akan mencoba masuk ke dalam server MySQL dengan perintah:

saya masukkan password root yaitu my-secret-pw, bagaimana saya bisa tau bahwa password rootnya adalah my-secret-pw, itu karena opsi password tersebut saya buat ketika saya menjalankan perintah sudo docker run tadi dan berikut ini hasilnya setelah berhasil login:


layanan MySQL server versi 8.1.0 yang berasal dari docker sudah berhasil di install dan aktif. Setelah masuk ke dalam server MySQL maka anda bisa menjalankan berbagai perintah MySQL seperti pada umumnya.

Lalu bagaimana jika saya ingin mematikan layanan MySQL docker tersebut? saya cukup menjalankan perintah:

maka container dengan nama mysql-docker (sekaligus layanan mysql server) akan berhenti beroperasi, untuk membuktikannya saya coba menjalankan lagi perintah monitoring container dengan menjalankan:

berikut ini hasilnya:


jika ingin melihat container tersebut apakah benar masih ada atau sudah terhapus, saya cukup menjalankan perintah:

dan berikut ini hasilnya:


perhatikan bagian STATUS, container tersebut berstatus Exited yang artinya container mysql-docker sedang tidak berjalan/aktif, untuk menjalankan kembali container tersebut sekaligus menjalankan kembali layanan MySQL (mysql-docker) saya cukup menjalankan perintah:

maka container dan layanan MySQL lewat docker akan kembali aktif. Berikut ini tampilan status monitoring container yang barusan saya hidupkan:


perhatikan bagian kolom STATUS bahwa hasilnya adalah Up about minutes yang artisnya container MySQL server barusan sudah aktif beberapa menit yang lalu. Mudah bukan membangun layanan MySQL menggunakan docker? Pada tutorial selanjutnya saya akan membahas tentang docker dan container yang lain, Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung.

Comments