Cara install docker di Ubuntu Server 22.04 - Tutorial Docker 01


Halo, pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan tutorial tentang cara instalasi docker di dalam Ubuntu Server. Sebelum melanjutkan tutorial ini saya akan sedikit menjelaskan tentang apa itu docker secara singkat. 

Docker adalah sebuah teknologi containerization yang memungkinkan kita membuat sebuah sistem yang berjalan di atas sistem operasi tetapi terisolasi. Apa maksudnya terisolasi? Sebuah system (container) yang berjalan di atas sistem operasi utama tetapi tidak berhubungan (terisolasi) Serta tidak membutuhkan  library-library (dependensi) yang ada di dalam sistem operasi utama.

Apakah anda pernah mendengar virtualisasi atau mencoba virtual machine (VM)? Secara logika docker ini cara kerjanya mirip akan tetapi jika pada virtualisasi seperti VMWARE atau Proxmox atau mungkin VirtualBox yang kita membuat mesin virtual di atas sistem operasi, maka containerization ini hanya menjalankan suatu aplikasi dengan lingkungan virtual atau bisa disebut dengan image container. Agar lebih jelasnya berikut ini ilustrasi perbedaan system Virtualization dengan Containerization yang berjalan di atas komputer: 


Perbedaan mencolok jika anda perhatikan gambar di atas:

  • Virtual mesin berjalan di atas Hypervisor yang mengisolasi satu mesin(VM) dengan mesin lainnya dalam satu sistem operasi (Guest OS) dengan hardware(RAM, Kapasitas Harddisk) yang sudah di reservasi dan diisolasi untuk salah satu VM, jadi RAM atau kapasitas harddisk yang besarannya sudah digunakan untuk suatu VM tidak bisa digunakan antara mesin virtual (VM) lainnya. Jadi jika ada satu VM yang bebannya berlebih tidak bisa mengambil sumber daya (RAM atau Harddisk) dari VM lain yang bebannya tidak banyak.
  • Sedangkan Container menggunakan pendekatan berbeda yaitu hanya mengisolasi lingkungan aplikasi/system tanpa melakukan reservasi perangkat keras (RAM & Harddisk) sehingga setiap kontainer masih bisa berbagi sumberdaya perangkat keras (RAM&Harddisk) secara fleksibal sehingga system yang ada di dalam kontainer dapat memanfaatkan sumberdaya RAM & Harddisk secara maksimal didalamnya.

Ada banyak aplikasi system containerization yang bisa kita gunakan, salah satunya seperti:

  • Docker (menurut opini saya yang terkenal dan paling banyak digunakan)
  • LXC
  • Podman
  • Containerd, dan lain lain

Untuk tutorial kali ini saya akan menuliskan bagaimana cara menginstall docker di dalam Ubuntu Server. Ubuntu Server yang saya gunakan adalah versi 22.04. Sebelum saya bisa menginstall docker saya harus menginstall aplikasi pendukungnya dengan perintah:

$ sudo apt-get install ca-certificates curl gnupg

setelah itu saya harus melakukan konfigurasi repository docker di dalam Ubuntu Server dengan menjalankan perintah ini:

$ sudo install -m 0755 -d /etc/apt/keyrings
$ curl -fsSL https://download.docker.com/linux/ubuntu/gpg | sudo gpg --dearmor -o /etc/apt/keyrings/docker.gpg
$ sudo chmod a+r /etc/apt/keyrings/docker.gpg

Langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi kunci gpg untuk tambahan repository docker yang barusan saya masukkan ke dalam system operasi Ubuntu Server, dengan menjalankan perintah:

$ echo \
  "deb [arch="$(dpkg --print-architecture)" signed-by=/etc/apt/keyrings/docker.gpg] https://download.docker.com/linux/ubuntu \
  "$(. /etc/os-release && echo "$VERSION_CODENAME")" stable" | \
  sudo tee /etc/apt/sources.list.d/docker.list > /dev/null

Setelah berhasil memasukkan kunci gpg ke repository docker yang barusan ditambahkan, lakukan update repository dengan perintah:

$ sudo apt-get update

baru setelah langkah di atas dilakukan maka saya baru bisa melakukan instalasi docker (docker-engine) ke dalam server dengan menjalankan perintah ini:

$ sudo apt-get install docker-ce docker-ce-cli containerd.io docker-buildx-plugin docker-compose-plugin

berbeda dengan Windows atau Mac yang menggunakan docker desktop, untuk server linux yang hanya terminal saja tanpa memiliki antarmuka (GUI), docker yang digunakan adalah docker engine nya.

Untuk mengecek apakah docker sudah berhasil diinstall saya mencoba menjalankan container pertama dengan perintah:

$ sudo docker run hello world

Jika berhasil maka anda akan mendapati tampilan seperti ini:

Mudah bukan melakukan instalasi docker di Ubuntu Server, untuk kesempatan berikutnya saya akan menuliskan tentang cara menginstall atau menggunakan container docker di Ubuntu Server. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung.

Comments