Upgrade Ceph Cluster dari Octopus ke Pacific menggunakan cephadm - 16

Kali ini saya akan menuliskan catatan tentang bagaimana saya melakukan upgrade ceph cluster saya dari versi Octopus ke versi Pacific. Kondisi lingkungan pengembangan ceph cluster existing saat ini yang saya gunakan terdiri dari 3 komputer yaitu:

  • server1: mon (active), mgr (standby), osd (active), mds (active)
  • server2: mon (standby), mgr (active), osd (active), mds (standby)
  • server6: mon (standby), mgr (standby), osd (active)

ketiganya menggunakan sistem operasi Ubuntu Server 20.04 LTS. Sedangkan untuk ceph clusternya saya menggunakan versi Octopus. Aplikasi Ceph ini sebenarnya memiliki beberapa versi, jika saya menilik dokumentasinya:


jika dilihat rentang hidupnya, ceph versi Octopus hanya disupport (maintain oleh pengembang terkait bug, hole dll) hingga 09 Agustus 2022, itu artinya jika melihat tanggal dibuatnya tulisan ini, ceph versi Octopus sudah tidak dipelihara (maintain) oleh pengembangnya. Berikut ini timeline aplikasi ceph berdasarkan versinya:


untuk versi diatas Octopus adalah versi Pacific dan terakhir (ketika catatan ini ditulis) adalah versi Quincy. Untuk melakukan upgrade harus dilakukan versi per versi jadi tidak bisa langsung upgrade dari versi Octopus ke Quincy, tetapi harus melewati versi Pacific terlebih dahulu. Rencananya saya akan mengupgrade ke versi Pacific dimana usia maintain nya hingga tgl 1 Juni 2023 ini.

Saya melakukan upgrade ceph ini menggunakan cephadm yang berlokasi di server1. Untuk memulainya, saya masuk menggunakan perintah:

jika berhasil masuk ke dalam shell, anda akan mendapati keluaran seperti ini:

sebelum saya memulai upgrade, saya akan menjalankan perintah:

hasilnya seperti ini:


saya akan memastikan versi ceph yang saya gunakan, setelah itu untuk memulai inisiasi upgrade ke versi 16.2.11 saya menjalankan perintah:

setelah itu untuk memulai proses upgrade saya menjalankan perintah ini:

hasilnya adalah sebagai berikut ini:

untuk melihat progress upgrade saya membuka shell cephadm di jendela yang baru lalu menjalankan perintah:

hasilnya adalah sebagai berikut:


tunggu hingga proses selesai, lama cepatnya tergantung koneksi internet yang dimiliki. Setelah progress upgrade  selesai, maka ketika saya menjalankan perintah:

dan perintah:

keluarannya seperti ini:


anda bisa lihat versi ceph yang saya gunakan sudah berubah dari octopus ke pacific. Hal ini juga berlaku di ceph dashboard, berikut ini tampilannya:


sangat mudah bukan melakukan upgrade ceph cluster menggunakan cephadm, sekian catatan ini, jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, sampai jumpa lagi.

Comments