Howto add pool di dalam ceph cluster menggunakan cephadm - 08

Catatan ini masih seputar ceph cluster, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya kita membuat atau menambahkan pool di dalam ceph cluster yang berjalan. Apa itu pool? Pool adalah "kolam" yang digunakan untuk menyimpan data di dalam ceph cluster secara low level. Kenapa low level? karena kita tidak bisa melihat data di dalam pool secara langsung, lalu buat apa ada pool? Pool ini sendiri adalah sebagai dasar untuk menyimpan data sebelum di atasnya ditambahkan lapisan layanan yang langsung berhubungan dengan pengguna (manusia) contohnya adalah layanan ceph fs (Ceph File System).

Cara menyimpan data di dalam pool ini di handle oleh algoritma milik ceph yang bernama CRUSH (Controlled Replication Under Scalable Hashing). Algoritma ini yang akan mengurusi penempatan file di dalam pool yang tersebar di seluruh OSD di dalam cluster, mengatur replikasinya serta membuat peta data yang tersebar. Cukup rumit ya? kita lewati terlebih dahulu untuk melanjutkan tujuan dibuatnya catatan ini yaitu bagaimana cara membuat pool di dalam ceph cluster. 

Sebelum saya buat pool baru saya akan melihat kondisi pool existing lewat ceph dashboard:


dari gambar di atas terlihat bahwa hanya ada 1 pool yang ada yaitu pool device_health_metrics. Untuk membuat pool baru pertama saya  akan masuk ke dalam server1 lalu masuk ke dalam cephadm shell dengan perintah:

jika berhasil masuk saya akan mendapati tampilan sebagai berikut:

kemudian saya perlu melihat kondisi existing pool yang ada dengan menjalankan perintah:

hasilnya adalah sebagai berikut:


kemudian saya akan buat lagi pool ketiga dengan perintah:


jika berhasil, akan terlihat tampilan keluaran sebagai berikut:


apabila saya lihat kembali di ceph dashboard maka hasilnya akan ada 2 pool tambahan seperti ini:


itu berarti saya sudah berhasil membuat 2 pool tambahan di dalam ceph cluster, untuk melihat statisticnya saya kemudian menjalankan perintah:


hasilnya sebagai berikut:


hasilnya adalah pool cephfs_data memiliki ID 2 dan dan pool cephfs_metadata memiliki ID 3. Sekian catatan saya sampai jumpa lagi di catatan berikutnya. Apabila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.




Comments