Howto add 3rd OSD pada ceph cluster menggunakan cephadm - 07

Masih seputar ceph cluster, topik catatan kali ini adalah bagaimana caranya menambahkan OSD ke 3 di dalam ceph cluster. Untuk lingkungan pengembangan ceph cluster saya menggunakan:

  • ceph versi Octopus
  • OS untuk server adalah Ubuntu Server 20.04

kondisi existing ceph cluster yang saya bangun saat ini menggunakan 3 server:

  • server1 (192.168.0.254)
  • server2 (192.168.0.252)
  • server6 (192.168.0.249)

kemudian untuk ilustrasi peran masing-masing node didalam ceph cluster terlihat seperti ini:

dari gambar di atas terlihat terdapat 2 OSD yang sudah dipakai yaitu dari server1 dan server2, rencananya saya akan menambahkan OSD yang berasal dari server6 sehingga nanti akan terlihat seperti ini kondisi ceph clusternya:
langkah pertama yang harus saya lakukan adalah mempersiapkan dahulu device yang akan saya gunakan sebagai OSD di server6, jadi saya login ke dalam server6 salu menjalankan perintah:

perintah di atas digunakan untuk melihat apakah harddisk di server6 sudah siap dijadikan OSD, berikut ini hasilnya:


kalau melihat baris yang saya highlight terlihat bahwa ada device harddisk yang berlokasi /dev/sdb yang bisa digunakan sebagai salah satu OSD. Kenapa saya bilang sudah siap? karena di dalam /dev/sdb tidak ada satupun partisi, tidak seperti /dev/sda (ada /dev/sda1 dan /dev/sda2). 

Jika saya lihat melalui ceph dashboard:


jumlah OSD pada ceph cluster benar masih ada 2 buah (server1 dan server2), untuk memulai menambahkan server6 sebagai salah satu OSD, saya akan login ke dalam server1 sebagai server yang saya gunakan untuk mengelola ceph cluster, setelah login saya akan menjalankan perintah:


perintah diatas saya gunakan untuk masuk kedalam cephadm shell untuk melakukan proses penambahan OSD tersebut. Setelah masuk saya akan dibawa ke dalam ceph shell seperti ini:


Untuk melihat kondisi existing cluster, saya kemudian menjalankan perintah:


perintah tersebut untuk melihat status kondisi terkini ceph cluster, berikut ini hasilnya:


perhatikan pada bagian data lalu lihat pad baris usage, disana terdapat 22TB yang tersedia, harapannya setelah OSD dari server6 ditambahkan, kapasitas yang tersedia juga bertambah. Untuk mulai menambahkan OSD dari server6 saya cukup menjalankan perintah:


apabila berhasil ditambahkan maka anda akan mendapati keluaran dari perintah tersebut seperti ini:


tunggu sebentar, maka jika anda cek di ceph dasboard, hasilnya akan terlihat bahwa OSD sudah bertambah menjadi 3 buah:


jika anda perhatikan juga bahwa pada cluster status juga sudah berubah dari health_warm menjadi health ok dan berwarna hijau, itu artinya kondisi minimal ceph cluster sudah terpenuhi, yaitu terdapat 1 server monitor yang berjalan (1 aktif, 2 standby) dan 3 OSD yang aktif (server1, server2 dan server6) serta 1 manager server yang berjalan (1 aktif, 2 standby). untuk melihat kapasitas total setelah saya menambahkan OSD baru saya cukup menjalankan perintah:


hasilnya adalah sebagai berikut:


kapasitas totalnya sudah bertambah menjadi 31TB dari yang sebelumnya adalah 22TB. Untuk melihat susunan identitas OSDnya saya cukup menjalankan perintah:


dan hasilnya adalah sebagai berikut ini:


bahwa terdapat  3 server yang berperan sebagai OSD dengan identitas nomer:
  • 0 adalah server1
  • 1 adalah server2
  • 2 adalah server6
cukup sekian catatan kali ini tentang bagaimana caranya menambahkan  OSD server ke 3 ke dalam ceph cluster. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar di bawah. Sampai jumpa lagi di catatan berikutnya.


Comments