Howto add 2nd OSD di ceph cluster menggunakan cephadm - 06

Sebelumnya saya sudah membuat catatan tentang bagaimana menambahkan OSD ke dalam ceph cluster. Catatan kali ini juga mirip sebelumnya yaitu bagaimana caranya menambahkan OSD ke dalam ceph cluster. Perbedaannya yaitu ini adalah OSD yang kedua. Kondisi existing ceph cluster jika dilihat di dalam dashboard adalah seperti berikut ini:

pada pojok kanan gambar terlihat hanya 1 OSD yang aktif. Klo dilihat dari ilustrasi yang saya buat, kondisi ceph cluster ini seperti berikut:
rencananya akan saya buat menjadi seperti ini:
jadi server OSD yang kedua saya buat dari server2 menggunakan partisi /dev/sdb. Sebelum saya bisa menambahkan OSD, saya masuk dulu ke dalam server2 lalu menjalankan perintah di bawah untuk melihat bahwa di dalam /dev/sdb pada server2 tidak ada partisi sama sekali:
hasilnya adalah sebagai berikut ini:
perhatikan pada bagian yang saya highlight, disitu terdapat partisi /dev/sdb dengan kapasitas 13.1TB yang akan saya tambahkan sebagai salah satu OSD di dalam ceph cluster, melalui perintah tadi juga terlihat bahwa device /dev/sdb tidak memiliki partisi di dalamnya tidak seperti device /dev/sda yang memiliki 2 partisi (/dev/sda1 dan /dev/sda2).
Langkah berikutnya adalah saya masuk ke dalam server1 sebagai server yang saya gunakan untuk mengelola ceph cluster, kemudian saya menjalankan perintah:
jika berhasil masuk anda akan mendapati tampilan seperti berikut ini:
setelah itu saya akan mengecek status ceph cluster dengan menjalankan perintah:
berikut ini hasilnya:
perhatikan pada bagian yang saya highlight, disitu terlihat bahwa hanya ada 1 OSD yang aktif, lalu pada bagian data, kemudian pada baris usage terlihat bahwa ada kapasitas 9.1TB yang tersedia. Untuk menambahkan /dev/sdb milik server2 sebagai OSD ke dua di dalam ceph cluster saya menjalankan perintah:
jika berhasil, maka anda akan mendapati keluaran yang terlihat seperti ini:
apabila saya lihat di ceph dashboard hasilnya seperti ini:

perhatikan pada bagian OSD sudah bertambah jumlahnya menjadi 2. Lalu apabila saya jalankan perintah:
maka hasilnya seperti ini:

perhatikan pada bagian yang saya highlight bahwa sudah bertambah juga menjadi 2 OSD, lalu pada bagian data baris usage juga sudah bertambah 13TB menjadi total kapasitas yang tersedia adalah 22TB. Kemudian saya coba jalankan perintah di bawah ini:
hasil keluaran perintah di atas seperti ini:
dari sana terlihat bahwa ada 2 OSD yang berasal dari server1 dan server2. Sekian catatan kali ini, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan isi kolom komentar di bawah, sampai jumpa lagi.

Comments