(Howto Remove) Cara Menghapus Ceph File System atau CFS pada ceph cluster

Haloo, kembali lagi masih dalam pembahasan terkait ceph, kali ini saya akan menuliskan catatan bagaimana cara menghapus Ceph File System yang sudah dibuat. Ibaratnya ya CFS ini adalah sebuah partisi digunakan untuk menyimpan data didalam ceph cluster, CFS ini terdiri dari 2 buah pool yaitu:

  • pool data, dan 
  • pool metadata

Keduanya diperlukan sebagai pembentuk CFS, jika diilustrasikan seperti di gambar di bawah ini:

Sederhananya Pool Data berfungsi untuk menyimpan object data yang disimpan di dalam cluster, sedangkan Pool Metadata berfungsi untuk menyimpan metadata setiap object yang disimpan di dalam Data Pool cluster lalu keduanya digabungkan dalam satu buah ceph file system. Ceph File System ini bergantung terhadap Metadata Server atau disebut MDS. Untuk mempergunakan CFS ini minimal di dalam ceph cluster harus memiliki minimal satu buah MDS yang active.

Dengan menggunakan CFS maka client dapat me-mount atau memanfaatkan layanan ceph selayaknya partisi di dalam komputer client pengguna ceph cluster. Lewat komputer administrator ceph, saya harus melihat apakah ada CFS di dalam cluster, saya cukup menjalankan perintah:

Hasil dari perintah di atas adalah:

dari gambar di atas dapat saya definisikan sebagai berikut:

  • Terdapat 2 pool yang active yaitu pool bernama cephfs_data dan pool cephfs_metadata
  • Cephfs_metadata bertype pool metadata, dan 
  • Cephfs_data bertipe pool data
  • Server MDS yang aktif ada pada server5, tetapi memiliki backup server MDS di server2 dan server1

Itu baru pool-nya lalu untuk CFSnya saya melihatnya menggunakan perintah:

Jadi ada pool data dan pool metadata, belum tentu otomatis ada CFSnya atau volume yang menggabungkan data dan metadata tersebut, jadi ketiganya harus adalah entitas yang berbeda. Ibarat ada terigu dan gula, tetapi belum tentu ada kue, walaupun kue tersebut terdiri dari terigu dan gula. Hasil perintah di atas adalah sebagai berikut:


dari gambar di atas terdapat volume CFS dengan nama cephfs, untuk memastikan apakah volume cephfs itu terdiri dari cephfs_metadata dan cephfs_data, saya cukup menjalankan perintah:

maka hasilnya adalah:


berdasarkan hasil di atas terlihat bahwa cephfs terdiri dari cephfs_metadata dan cephfs_data. Lalu bagaimana cara menghapus cephfs, berikut langkah-langkahnya:

Pertama kita harus memberitahukan atau mengeset server monitor bahwa pool diperbolehkan untuk di delete dengan menjalankan perintah:

jika sebelumnya belum di set, maka hasilnya akan seperti berikut ini


setelah itu kita harus mengeset cephfs yang akan kita hapus tersebut sebagai fail, dengan menjalankan perintah:

jika berhasil akan nampak output sebagai berikut:

setelah itu untuk menghapus cephfs tersebut, saya menjalankan perintah:

Untuk mengecek apakah saya berhasil menghapus ceph fs maka saya menjalankan perintah:

jika ceph fs berhasil dihapus berikut ini keluarannya:


Langkah berikutnya adalah menghapus pool data dan pool metadata, sebelum kedua pool tersebut dihapus, saya akan menjalankan perintah:

perintah di atas dimaksudkan untuk melihat nama pool yang akan di hapus, hasilnya adalah:

perlu diingat cephfs tadi terdiri dari pool cephfs_data dan cephfs_metadata, maka saya cukup menjalankan perintah dibawah ini untuk menghapus pool data:

dan perintah di bawah untuk menghapus pool metadata:

setelah itu saya coba melihat isi pool di dalam ceph cluster dengan perintah:

berikut ini hasil dari perintah di atas:


hasilnya dari gambar di atas adalah pool cephfs_data dan pool cephfs_metadata berhasil dihapus. Sekian catatan ini semoga bisa berguna bagi teman-teman yang sedang mengeksplor ceph cluster, jika ada pertanyaan silahkan tulis komen di bawah. Sampai jumpa lagi.




Comments