(Howto Add) Tutorial menambah server OSD pada ceph cluster

Halo setelah sekian lama belum sempat menulis, akhirnya saya mulai lagi, mungkin hampir tahun lalu saya terakhir menulis, sekarang saya akan mencoba menyempatkan menulis lagi meneruskan rangkaian tutorial ceph sebelumnya. Pada rangkaian tutorial ceph sebelumnya, saya belum sempat menambahkan bagaimana caranya apabila di dalam cluster kita ingin menambahkan server OSD (untuk menambah kapasitas penyimpanan) di dalam cluster.

Pada ceph cluster existing, saya menggunakan 3 buah server OSD yang terdiri dari:

  • server1
  • server2
  • server5

berikut ini tampilan status ceph cluster yang saya gunakan:


jika anda melihat pada bagian services, lalu OSD, maka disitu akan terlihat bahwa ceph cluster memiliki 3 OSD yang aktif. Kemudian pada bagian data, lalu usage anda akan melihat bahwa terdapat 42TB total media penyimpanan yang tersedia.

Pada skenario ini saya akan menambahkan:

  • server6 

sebagai bagian dari server OSD di dalam ceph cluster sebagai server OSD ke 4.

Sebelum server6 ini dapat diinstall ceph, maka server 6 harus melewati step berikut ini:

jadi syarat yang harus terpenuhi jika ingin menjadi bagian dari ceph cluster adalah:

  • user system yang digunakan pada server adminsitrator ceph (admin-ceph), juga harus ada di server6, misal user tersebut bernama admin-ceph, maka user admin-ceph tersebut harus ada juga di dalam server1, server2, server5 dan  server6 (anggota baru).
  • lalu user admin-ceph tersebut harus bisa di remote menggunakan SSH dan login tanpa memasukkan password oleh seluruh komputer yang menjadi anggota ceph cluster, begitu juga sebaliknya
  • kemudian pada file /etc/hosts di dalam server1, server2 dan server5 ditambahkan alamat IP dan hostname server6
  • setelah itu file /etc/hosts pada server6 juga harus mirip dengan /etc/hosts server1, server2 dan server5 yang didalamnya sudah ditambahkan host server6
  • user admin-ceph tersebut harus bisa menggunakan sudo tanpa password.
  • Pastikan juga bahwa user admin-ceph dari server6 dapat melakukan remote login menggunakan SSH tanpa memasukkan password ke server admin ceph dan ke seluruh anggota cluster lainnya (server1, server2 dan server5).

Berikut ini file /etc/host pada server6:

Setelah semua syarat di atas terpenuhi, maka langkah selanjutnya server admin ceph, saya akan menginstall aplikasi ceph ke dalam server6 menggunakan perintah berikut.

apabila berhasil maka anda akan mendapati tampilan yang mirip seperti ini tanpa pesan error:


lalu saya akan memanfaatkan harddisk pada partisi /dev/sdb1 yang ada di server6, maka saya akan menjalankan perintah berikut ini dari komputer administrator ceph:

apabila persiapan harddisk /dev/sdb1 pada server6 sebelum menjadi anggota OSD ceph cluster berhasil dilakukan, outputnya akan terlihat sebagai berikut:

Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan OSD server pada server6 dengan perintah:

Berikut ini tampilan hasil penambahan server6 sebagai OSD:

setelah itu kita lihat hasilnya lewat komputer admin ceph cluster melalui perintah:

berikut ini hasilnya:


silakan perhatikan pada bagian OSD, awalnya berjumlah 3 sekarang menjadi 4 OSD yang aktif (up), lalu perhatikan juga pada bagian usage, awalnya hanya 42TB sekarang menjadi 51TB karena OSD pada server6 telah bergabung menjadi anggota cluster. Jika ada pertanyan atau saran jangan sungkan untuk menulisnya di komentar.




Comments