Belajar Git: Perintah Dasar Git - melihat status repository git


Meneruskan tutorial sebelumnya pada seri Belajar Git. Maka kali ini saya akan menjelaskan perintah perintah apa saja yang sering digunakan di git untuk mengelola repository tersebut. Untuk lebih jelasnya saya akan menjalankan sebuah skenario di dalam tutorial ini. Tutorial sebelumnya saya menjelaskan:

Jadi begini singkatnya, setelah saya berhasil menyalin repository yang tadi saya upload di github, maka ke depannya pasti saya akan melakukan perubahan file di komputer lokal, yang kemudian hasil perubahan tersebut saya upload di repository github. 


Kenapa harus di upload? Agar repository (yang ada di github) tersebut selalu up to date, alias seluruh file sama dengan yang ada di komputer lokal saya begitu juga sebaliknya. Nha pertanyaannya adalah, bagaimana cara kita mengetahui apakah telah terjadi perubahan atau tidak di repository lokal kita? Dengan menjalankan perintah "git status". Berikut skenario yang akan saya jalankan agar pembaca mengerti fungsi dari perintah "git status".

Misal nih, saya lihat dulu di dalam repository lokal saya, ada apa saja di dalamnya, dengan masuk ke dalam folder firstproject/ dengan menjalankan perintah:

 cd firstproject/

setelah berhasil masuk, saya kemudian menjalankan perintah di bawah ini:

 ls -al firstproject/

perintah tersebut untuk me-list file apa saja di dalam folder firstproject, termasuk file yang disembunyikan dan hasilnya terlihat seperti berikut:


dari gambar di atas terlihat ada folder .git dan file README.md, setelah itu saya akan menjalankan perintah untuk melihat status repo di komputer lokal saya dengan perintah:

 git status

perintah tersebut untuk melihat apakah terjadi perubahan antara repo lokal (di dalam komputer saya) dari status terakhir, jika belum ada perubahan apapun yang saya lakukan di dalam repository, maka tidak ada catatan apapun seperti berikut ini:


Lalu bagaimana jika ada perubahan? Hmm penasaran? Mari kita coba, saya akan merubah isi file README.md , yang semula isinya seperti ini:


menjadi seperti berikut ini:


saya simpan perubahan tersebut, kemudian saya akan menjalankan perintah:

 git status

dan aplikasi git di komputer lokal saya memperlihatkan seperti ini:


anda melihat bukan, file README.md yang saya ubah, terlihat statusnya disitu. Itulah fungsi dari git status, anda bisa memantau perubahan yang anda lakukan di file apa saja di dalam repository git. Setelah melakukan perubahan, saya coba melihat apakah file README.md di repo github juga ikut berubah? Berikut ini hasilnya:

Loh, dari gambar di atas, ternyata perubahan yang saya lakukan hanya bersifat lokal saja. Hmm lalu saya harus bagaimana agar perubahan juga terjadi di repository remote di GitHub? Ternyata setelah saya melakukan perubahan, saya harus melakukan "commit" dan mengupload-nya ke repo github dengan perintah "push" . Bagaimana caranya? Caranya akan saya tuliskan di tutorial berikutnya :-). Tetap ikuti tutorialnya ya dan selamat mencoba.
Belajar Git: Perintah Dasar Git - melihat status repository git Belajar Git: Perintah Dasar Git - melihat status repository git Reviewed by Himawan Mahardianto on July 08, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.