Belajar Git: Membuat project (repository) baru di github - Creating New Github Project Repository


Kemaren saya sudah menulis tentang bagaimana caranya membuat akun di github, maka kali ini saya akan tulis bagaimana caranya membuat proyek di github. Proyek yang saya maksud disini adalah repository yang akan saya hostingkan di website Github (dot) com. Proyek atau repository tersebut nantinya bersifat public alias bisa dilihat dan di "clone" atau di download oleh siapa saja. 

Lalu apakah repository tersebut bisa dibuat privat? Bisa saja tetapi menggunakan akun yang berbayar. Karena proyek ini hanya saya gunakan untuk belajar, maka saya memilih yang "gratis" saja untuk menekan biaya. 

Langsung saja ya ke topik tutorial. Untuk membuat proyek baru, anda bisa masuk ke website github di URL: https://github.com setelah itu login menggunakan user akun dan password milik anda sendiri. Apabila berhasil login, anda akan melihat tampilan dashboard seperti berikut ini:


klik tombol start a project, setelah itu anda akan dibawa ke halaman berikutnya untuk mengisi detail-detail proyek seperti berikut ini:


untuk proyek yang akan saya buat, saya namai dengan firstproject seperti berikut ini:
kemudian di bawahnya saya isi detail informasinya seperti berikut ini:
selesai mengisi kelengkapan repository tersebut, saya kemudian menekan tombol Create repository yang berwarna hijau. Jika Repository-nya berhasil dibuat, maka hasilnya akan terlihat seperti berikut ini:

jika sudah terlihat seperti di atas, maka repository sudah siap digunakan, kita sebagai pemilik repository bisa mengupload file kode apapun ke dalamnya, dan mencatat segala aktivitas yang lkita lakukan di repository. 

Lalu bagaimana cara menggunakan repository tersebut? Caranya adalah melakukan cloning repository tersebut di komputer lokal terlebih dahulu. Anda melihat tombol hijau bertuliskan Clone or Download bukan? Klik tombol tersebut, maka akan muncul alamat cloning seperti berikut ini:

klik tombol Copy yang ada di pojok kanan, lalu saya masuk ke komputer lokal saya. Berdasarkan project yang saya bikin maka akan terbuat alamat repository seperti di bawah ini:

 https://github.com/noobigithub/firstproject.git

Pada komputer yang saya jalankan (Ubuntu Desktop versi 18.04 LTS), saya membuka aplikasi terminal kemudian menjalankan perintah:

 git clone https://github.com/noobigithub/firstproject.git

tunggu beberapa saat, maka aplikasi git local akan mencoba menyalin repository yang saya buat di github ke komputer lokal seperti berikut ini:


Jika terlihat seperti di atas, maka anda berhasil menyalin repository di github ke dalam komputer lokal anda. Saya melihat sebuah folder baru dengan nama firstproject hasil saya menyalin repository yang ada di github seperti berikut ini:


Untuk tutorial selanjutnya, saya akan menuliskan bagaimana menggunakan perintah-perintah dasar git untuk mengelola repository tersebut. Selamat mencoba membuat repository sendiri ya.
Belajar Git: Membuat project (repository) baru di github - Creating New Github Project Repository Belajar Git: Membuat project (repository) baru di github - Creating New Github Project Repository Reviewed by Himawan Mahardianto on July 08, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.