Panduan membuka layanan database server MySQL 5.7 agar dapat di akses dari lain komputer


Pada tutorial kali ini, saya akan membahas tentang database MySQL. Mirip sih dengan tutorial sebelumnya yang pernah saya tulis dulu yaitu:

Tutorial Membuka Akses MySQL 5.5 dan MySQL 5.6 dari komputer lain

Bedanya kali ini adalah saya menggunakan Database MySQL versi 5.7 dan sistem operasi Ubuntu Server 18.04. Kalau yang dulu, saya menggunakan Ubuntu Server 16.04 dengan database MySQL versi 5.6.

Ada beberapa perubahan letak konfigurasi antara MySQL 5.7 dengan MySQL 5.6 dan beberapa fiturnya, maka dari itu saya mencoba menuliskan tutorial bagaimana caranya mengakses database MySQL secara remote ini.

Pertama, jelas anda harus memiliki aplikasi server database MySQL 5.7 yang terinstall di dalam Ubuntu Server 18.04 yang akan dibuka aksesnya.

Untuk memastikannya, anda bisa men-scan port layanan mysql server yang akan anda tuju, karena MySQL server yang akan saya tuju memiliki alamat 192.168.1.4, maka perintah port scan yang saya lakukan menjadi:

 nmap 192.168.1.4

hasilnya adalah:


dari hasil pada gambar di atas, terlihat hanya port 22 (SSH) saja yang terbuka layanannya dan bisa diakses dari komputer lain. Jika layanan MySQL sudah terbuka dan dapat diakses dari komputer lain, maka ketika dilakukan port scan seperti di atas, berikut ini hasilnya:


terlihat bukan bedanya?
Berikut langkah-langkah untuk membuka akses MySQL tersebut. Pertama anda bisa buka konfigurasi yang terletak di /etc/mysql/mysql.conf.d/mysqld.cnf dengan perintah:

 sudo vim /etc/mysql/mysql.conf.d/mysqld.cnf

kemudian cari bagian:

 bind-address = 127.0.0.1

ubah menjadi:

 #bind-address = 127.0.0.1

simpan lalu restart layanan MySQL Server dengan perintah:

 sudo service mysql-server restart

perintah restart tersebut untuk memastikan bahwa mysql server mengimplementasikan perubahan konfigurasi tersebut. Apakah selesai sampai disni? Oh belum, MySQL memang sudah dapat di remote layanannya dari komputer lainnya, tetapi anda belum memiliki user yang bisa mengaksesnya. Untuk itu anda harus bikin dulu dari dalam server MySQL tersebut. Karena anda belum bisa masuk dari komputer lain, maka anda bisa masuk dulu ke dalam MySQL Server secara lokal menggunakan user root dengan menjalankan perintah:

 sudo mysql -u root -p

masukkan passwordnya dan setelah berhasil masuk, saya akan buat user MySQL yang akan digunakan untuk mengakses server dari komputer lain dengan nama vagrant dan password v4gran7_User. Maka saya jalankan perintah:

 CREATE USER 'vagrant'@'%' IDENTIFIED BY 'v4gran7_User';

jika berhasil, begini tampilannya:


setelah itu, dari komputer lainnya silahkan coba masuk ke dalam server MySQL menggunakan user yang barusan dibuat tersebut, yaitu dengan menjalankan perintah:

 mysql -u vagrant -h 192.168.1.4 -p

masukkan password user vagrant dan beginilah hasilnya:


jika dilihat dari hasil di atas, itu berarti MySQL 5.7 sudah bisa diakses dari komputer lain dan sudah bisa dimasuki user. Hanya saja user vagrant tersebut tidak bisa melakukan apapun di dalam MySQL Server 5.7. Kenapa? karena user vagrant tersebut belum diberi hak akses apapun di dalam database, hanya dapat masuk saja. Untuk merubah hak akses user vagrant tersebut, maka anda bisa mencoba belajar tutorial berikut ini:

Cara memberikan hak akses user MySQL

Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)
Panduan membuka layanan database server MySQL 5.7 agar dapat di akses dari lain komputer Panduan membuka layanan database server MySQL 5.7 agar dapat di akses dari lain komputer Reviewed by Himawan Mahardianto on June 13, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.