Laravel Tutorial: How To Install Laravel 5.6 di Ubuntu 18.04


Tutorial ini akan menjelaskan bagaimana saya menginstall framework Laravel versi 5.6 di Ubuntu. Sistem operasi Ubuntu yang saya gunakan ini adalah Ubuntu versi 18.04 sedangkan Laravel yang akan saya install disini adalah Laravel versi 5.6. Tutorial ini bisa digunakan di Ubuntu Server maupun Ubuntu Desktop. Jika ada yang belum tahu, laravel adalah sebuah framework berbasis PHP dengan struktur MVC (Model View Controller) yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi. Apakah ada framework PHP lainnya? Tentu saja ada, salah satunya adalah framework CodeIginiter, CakePHP, Symfony, Yii dan lain sebagainya.

Sebelum kita memulai untuk menginstall laravel tersebut, kita harus menginstall beberapa aplikasi dependensinya. Apa saja sih yang perlu diinstall dan bagaimana menginstallnya? Anda cukup menjalankan perintah:

 sudo apt-get install composer php7.2 php7.2-xml php7.2-mysql php7.2-mbstring php7.2-curl php7.2-cli hhvm php7.2-zip openssl 

tunggu hingga proses instalasi selesai, setelah itu anda bisa menjalankan perintah:

 composer global require "laravel/installer"

perintah di atas digunakan untuk menambahkan list installer laravel dari website packagist.com ke dalam Ubuntu.

Saya menunggu agak lama pada proses diatas ini, karena tergantung kecepatan koneksi yang saya punya dan proses ini akan melakukan konfigurasi untuk mendaftarkan seluruh dependensi yang harus diinstall ke dalam sistem sebelum kita menginstall framework laravel.

Pastikan bahwa tidak ada pesan error yang tertampil selama konfigurasi tersebut berjalan sampai proses selesai.
Selesai konfigurasi menggunakan composer, saatnya saya mulai instalasi framework laravel tersebut, dengan menjalankan perintah:

 /home/nama_user/.config/composer/vendor/laravel/installer/laravel new blog

lokasi folder .config ada di dalam folder /home/user yang anda gunakan. Jika anda menggunakan user dengan nama admin, maka letak lokasi folder .config adalah /home/admin/.config/ . Perintah di atas akan membuat folder baru bernama blog yang diisi framework laravel.

Tunggu beberapa saat, maka sistem akan menjalankan proses instalasi berikut dependensi yang harus diinstall di dalam folder blog yang berisi source code PHP framework laravel.

Setelah proses instalasi selesai, maka anda bisa masuk ke dalam folder blog tersebut dengan perintah:

 cd blog/

kemudian coba jalankan perintah:

 php artisan --version 

untuk melihat aplikasi laravel yang terinstall ke dalam sistem anda. Jika punya saya yang terinstall adalah laravel versi 5.6.25 seperti yang terlihat di bawah ini:


untuk memastikan apakah benar laravel berhasil terinstall saya menjalankan perintah:

 php artisan serve --host=192.168.1.4

maka aplikasi laravel akan berjalan di localhost dengan port 8000, 192.168.1.4 adalah alamat IP komputer saya, anda bisa ganti dengan alamat IP komputer milik anda sendiri. Jika berhasil berjalan saya coba akses di browser dengan alamat 192.168.1.4:8000, maka akan terlihat seperti berikut ini:

Selamat mencoba ya, jika kalian ada kesulitan mungkin bisa meninggalkan pertanyaan di kolom komentar di bawah ini.
Laravel Tutorial: How To Install Laravel 5.6 di Ubuntu 18.04 Laravel Tutorial: How To Install Laravel 5.6 di Ubuntu 18.04 Reviewed by Himawan Mahardianto on June 17, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.