Tutorial Install Vagrant di MacOS High SIerra


Setelah kemaren saya menuliskan tata cara menginstall virtualbox di MacOS, maka sesi kali ini saya akan menjelaskan bagaimana menginstall vagrant di MacOS. Vagrant? iya vagrant. Bagi apa yang belum tau vagrant itu apa, mungkin bisa baca-baca di link berikut ini. Secara singkat saya akan coba jelaskan apa itu vagrant, vagrant itu kayak tools untuk membangun lingkungan virtual yang lebih cepat memanfaatkan system VMWare di atasnya dan virtualbox mendukung fasilitas itu. Jadi dengan vagrant kita bisa create instance virtual lebih cepat. Kalau biasanya untuk membangun guest OS dengan virtualbox maka langkah-langkah ini harus kita jalankan:
  • nyiapin image instalasinya
  • bikin partisinya
  • install OS dari image tersebut,
  • create user dll.
keliatan ribetkan bikin mesin virtual? kalau ingin merasakan pengalaman membangun server dari nol ya gapapa sih melewati tahap tahap di atas tadi, tapi bagi yang sudah sering melakukannya (sampai bosan), kan jadi lebih hemat waktu dan tenaga kalau proses tersebut tidak lagi perlu dilalui. nha salah satu solusinya  ya dengan vagrant ini, jadi kita bisa meniadakan proses tersebut, tau tau mesin virtual kita dah siap digunakan, menarik bukan? Semakin penasaran? Lanjut lagi ya bacanya :-) 

Jadi sebelum kita bisa memanfaatkan vagrant tentu kita harus menginstall vagrant tersebut terlebih dulu dan berikut langkah-langkahnya:

Salah satu syarat agar vagrant bisa berjalan, yaitu anda harus menginstall virtualbox terlebih dahulu, untuk tutorial instalasi virtualbox (di MacOS) anda bisa ikuti tutorial berikut:

Cara install virtualbox di MacOS

Untuk instalasi virtualbox di Ubuntu Desktop dan Windows, lain waktu akan saya tuliskan website ini, tapi ya tentu nunggu ada alatnya dulu ya 😎.


Selesai install virtualbox, kemudian silakan download installer vagrant di link ini. Silakan sesuaikan dengan sistem operasi yang anda gunakan, karena saya disini menggunakan MacOS, maka saya download aplikasi untuk MacOS.

Selesai download saya klik 2 kali installer tersebut, sehingga nampak seperti gambar berikut ini:

kemudian saya klik dua kali file vagrant.pkg sehingga proses instalasi mulai berjalan seperti berikut ini:


saya klik continue untuk melanjutkan proses, kemudian masuk ke step berikutnya:


disitu saya diberitahu kalau vagrant akan menggunakan sekitar 100MB di harddisk komputer saya, setelah itu saya klik install dan berlanjutlah proses instalasinya:


seperti biasa, saya diminta memasukkan user password administrator untuk melanjutkan proses installer tersebut, setelah itu, proses instalasi mulai berjalan, apabila instalasi sukses di lakukan, maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini:


silakan klik tombol close untuk menyelesaikan instalasi, setelah itu anda akan diminta apakah anda akan menyimpan installernya atau akan anda hapus dari komputer, saya lebih memilih untuk menyimpannya, maka saya klik opsi Keep.

Untuk mengetes apakah vagrant berhasil diinstall di komputer anda, silakan buka terminal (di MacOS) lalu saya ketik perintah:

 vagrant -v

jika instalasi berhasil, maka akan terlihat tampilan seperti berikut:


yap, tutorial instalasi telah selesai anda baca sampai disini, pada sesi selanjutnya saya akan bahas bagaimana memanfaatkan vagrant untuk membangun ekosistem virtual secara instant. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

Jika anda tertarik dengan artikel yang membahas virtualisasi dan virtualbox di website ini, anda bisa klik kata virtual box atau virtualisasi di sebelah kanan artikel ini di menu TAGS.
Tutorial Install Vagrant di MacOS High SIerra Tutorial Install Vagrant di MacOS High SIerra Reviewed by Himawan Mahardianto on May 02, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.