Install dan menjalankan multi project dengan vagrant di MacOS


Masih berlanjut dengan tutorial vagrant, pada kesempatan kali ini, saya ingin menuliskan bagaimana menjalankan beberapa vagrant box di dalam satu komputer dengan sistem operasi Mac OSX.  Tujuannya adalah saya ingin membuat lingkungan pengembangan virtual di atas sistem operasi Mac, menggunakan sistem operasi Ubuntu atau Debian. 

Awalnya saya mengira bahwa satu komputer hanya dapat menjalankan satu vagrant box, jika ingin menjalankan vagrant box yang lain, maka vagrant box sebelumnya harus dihapus. Ternyata anggapan saya keliru, kita bisa menginstall beberapa vagrant box dan menjalankan sekaligus bersama-sama dalam satu komputer. 

Begini skenarionya, pertama saya akan coba install vagrant box ubuntu, setelah selesai saya akan coba install vagrant box debian. Penasaran? Berikut langkah langkahnya:

Pertama buka dulu aplikasi terminal, kemudian saya akan buat folder baru dengan nama vagrant-ubuntu dengan menjalankan perintah:

mkdir vagrant-ubuntu
perintah di atas digunakan untuk membuat folder yang akan menampung vagrant box ubuntu, untuk menampung vagrant box debian saya juga akan membuat folder baru dengan nama vagrant-debian dengan perintah:

mkdir vagrant-debian
sebenarnya, anda bebas menamai folder yang akan anda buat untuk menampung vagrant box yang akan anda install, saya menamainya begitu agar lebih mudah mengingatnya, selesai membuat folder saya akan masuk kedalam salah satu folder (misalnya saya mulai dari instalasi vagrant ubuntu) dengan perintah:

cd vagrant-ubuntu
setelah masuk di dalam folder tersebut, saya akan coba menginisialisasi vagrant box yang akan saya install dengan perintah:

vagrant init ubuntu/xenial64
perintah di atas adalah untuk mempersiapkan repository bahwa saya akan menginstall ubuntu server versi 16.04 LTS (xenial xerus) ke dalam folder vagrant-ubuntu. Selesai menginisialisasi, kemudian saya install dan jalankan vagrant box tersebut dengan perintah:

vagrant up
tunggu hingga selesai. Setelah selesai, saya akan coba masuk ke dalam Ubuntu Server tersebut dengan menjalankan perintah:

vagrant ssh
dengan begitu saya berhasil masuk ke dalam sistem operasi Ubuntu Server 16.04 LTS yang saya install dengan vagrant. 

Tutorial berikutnya, saya akan menjelaskan bagaimana cara instalasi vagrant box Debian disamping Ubuntu tersebut. Berikut step-stepnya:

Saya buka lagi terminal baru, lalu masuk ke dalam folder vagrant-debian yang tadi dibuat dengan perintah: 

cd vagrant-debian
kemudian mulai inisialisasi repository vagrant box dengan perintah:

vagrant init generic/debian
selesai proses inisialisasi, kemudian mulai instalasi dengan menjalankan perintah:

vagrant up
tunggu hingga selesai, setelah itu untuk masuk ke dalam debian tersebut, saya tinggal menjalankan perintah:

vagrant ssh
dan hasilnya saya masuk ke dalam guest OS debian, lalu bagaimana kabarnya ubuntu yang tadi saya install, oh tenang saja, keduanya nyala berbarengan, berikut ini tampilannya:


dari tampilan di atas terlihat bahwa kedua vagrant box tadi (vagrant ubuntu dan vagrant debian) keduanya aktif. Dari gambar di atas terlihat bagian atas adalah vagrant box debian dan yang bawah adalah vagrant box ubuntu yang saya install. 

Untuk membuktikannya, saya buka terminal lagi dan saya jalankan perintah:

vagrant box list
dan berikut ini hasilnya:


berdasarkan output perintah tadi, terlihat bahwa debian dan ubuntu dari vagrant box tersebut berhasil saya install dalam satu komputer hypervisor.

Mudah bukan, pada kesempatan selanjutnya saya akan menuliskan bagaimana cara menghubungkan keduanya di dalam private network dan publix network. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)
Install dan menjalankan multi project dengan vagrant di MacOS Install dan menjalankan multi project dengan vagrant di MacOS Reviewed by Himawan Mahardianto on May 22, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.