Cara menghitung jumlah file di dalam folder dari terminal


Memasuki bulan februari ini saya akan menuliskan tutorial pertama yang ringan-ringan terlebih dahulu sebagai pemanasan. Awalnya saya ingn membuat aplikasi bash sederhana di dalam Ubuntu Server untuk melakukan rename file otomatis berdasarkan pola. Untuk itu saya membutuhkan perhitungan jumlah file di tiap-tiap folder yang akan saya rename. Untuk menghitung jumlah file di dalam suatu folder maka saya tinggal menjalankan perintah dengan format:


 ls -l [nama_folder] |wc -l

misalnya nih saya ingin melihat jumlah file dan folder yang ada di dalam directory /home/himawan/ lalu bagaimana? maka perintah yang akan saya jalankan menjadi seperti berikut:


 ls - l /home/himawan/ |wc -l

hasilnya seperti ini:


dari hasil di atas, terlihat bahwa terdapat 325 file di dalam folder /home/himawan/ , berikut penampakan-nya jika hanya menggunakan perintah "ls" saja:


apabila saya ingin menambahkan filter, yaitu hanya file wget saja yang akan dihitung, maka saya tinggal mengubah sedikit format perintahnya menjadi:

 ls -l /home/himawan/ |grep wget |wc -l

maka hasil perhitungan file wget tersebut adalah:


menghasilkan jumlah 315 file wget. Mudah bukan, selamat mencoba ya :-)

Berikut beberapa link tutorial perintah dasar lainnya yang bisa anda baca jika tertarik:

Cara menghitung jumlah file di dalam folder dari terminal Cara menghitung jumlah file di dalam folder dari terminal Reviewed by Himawan Mahardianto on February 06, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.