Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Thursday, March 23, 2017

Cara menghapus kernel yang tidak terpakai di Ubuntu


Sistem operasi linux, membutuhkan kernel untuk menjalankan sistemnya. Kernel ini selalu dikembangkan dan akan selalu keluar versi terbarunya. Jika sudah release, sistem harus diupgrade kernelnya. Cara upgrade kernel di Ubuntu sangat mudah, caranya pernah saya tulis di tutorial sebelumnya. 

Lalu bagaimana nasib kernel lama yang tidak terpakai lagi? apakah dihapus atau tetap disimpan? Secara default kernel lama akan tetap disimpan di dalam sistem, tetapi anda diberikan opsi untuk menghapusnya. Bagaimana caranya? Anda cukup menjalankan perintah di bawah ini di terminal:

 sudo apt-get autoremove

melalui perintah di atas, maka sistem akan menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi, termasuk kernel yang tidak digunakan oleh sistem. Dengan menghapus paket aplikasi yang tidak digunakan lagi, maka sistem mendapatkan extra space yang dapat digunakan untuk keperluan lainnya.

Berikut proses penghapusan kernel dengan perintah tersebut:


dari tampilan di atas, terihat bahwa kernel versi 3.13.0-100 tidak digunakan dan dapat dihapus dari sistem dengan opsi Y/n saya memilih Yes, maka kernel versi tersebut akan segera dihapus dari system.

kemudian ketika saya mencoba menjalankan perintah

 sudo apt-get autoremove

kembali, maka muncul opsi untuk menghapus kernel versi 3.13.0-110 seperti di bawah ini:



kemudian saya mencoba lagi untuk menjalankan perintah tersebut:

 sudo apt-get autoremove

ternyata sudah tidak ada lagi kernel yang tidak digunakan dan dapat dihapus dari system, karena hasilnya terlihat seperti di bawah ini:



Mudah bukan? selamat mencoba ya dan terima kasih telah berkunjung :-)

No comments: