Database, Ubuntu Server, Programming

Like Us

Tags

Archive

Tuesday, December 29, 2015

Kompresi dan ekstraksi file tar.gz lewat terminal di Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux


Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana melakukan kompresi dan ekstraksi file dengan ekstensi tar.gz. Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas bagaimana melakukan ekstraksi dan kompresi pada file berekstensi rar dan zip yang umum digunakan di sistem operasi windows. Maka kali ini saya akan membahas tentang file yang dikompresi dengan ekstensi tar.gz yang umum dijumpai di sistem operasi Linux. 

Ekstraksi file tar.gz:
Pada tutorial yang pertama saya akan membahas bagaimana melakukan ekstraksi terlebih dahulu. Bisa anda lihat pada gambar di bawah bahwa saya memiliki sebuah file terkompresi dengan nama uploads.tar.gz:

Kemudian saya akan melakukan ekstraksi file uploads.tar.gz tersebut dengan menjalankan perintah:

 tar -xzvf uploads.tar.gz

dari hasil ekstraksi tersebut maka akan muncul sebuah folder dengan nama uploads seperti yang tampak pada gambar di bawah:

Melakukan ekstraksi file tar.gz ternyata sangat mudah bukan?

Kompresi tar.gz
Pada tutorial berikut saya akan membahas bagaimana melakukan kompresi sebuah folder bernama uploads yang di dalamnya berisi beberapa file ke dalam bentuk tar.gz, sebelum itu  saya ingin menghapus file uploads.tar.gz terlebih dahulu dengan perintah:

 rm uploads.tar.gz

karena nantinya output kompresi tersebut bernama uploads.tar.gz maka file awal (uploads.tar.gz) saya hapus seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah:



untuk melakukan kompresi ke dalam bentuk tar.gz, anda harus melakukan pengarsipan dalam bentuk tar terlebih dahulu, sehingga folder uploads/ diubah menjadi file uploads.tar dengan menjalankan perintah;


 tar -caf uploads.tar --remove-files uploads/

hasill pengarsipan tersebut terlihat seperti pada gambar di bawah ini:



dengan opsi --remove--files tersebut, maka folder uploads akan dihapus sistem setelah file uploads.tar berhasil dibuat. Apabila anda tidak ingi menghapus folder uploads tersebut, maka hilangkan opsi --remove-files di dalam perintah pengarsipan rar, sehingga perintahnya tampak seperti pada gambar di bawah:

 tar -caf uploads.tar uploads/

setelah itu, maka kita kompresi file uploads.tar tersebut ke dalam bentuk tar.gz dengan menjalankan perintah:

 gzip -c uploads.tar > uploads.tar.gz

maka hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini:


dari gambar di atas terlihat bahwa hasil kompresi tersebut dari uploads.tar ke bentuk uploads.tar.gz mengalami penurunan ukuran file sebanyak 5MB.

Silakan mencoba ya.. :-)

No comments: